GridFame.id - Belakangan kasus pinjol atau pinjaman online makin marak.
Banyak sekali masyarakat terjerat pinjaman online.
Di era digital ini, pinjaman pnline (Pinjol) telah menjadi alternatif populer untuk memenuhi kebutuhan finansial sehari-hari.
Namun, dengan kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh Pinjol, ada juga potensi risiko yang perlu diperhatikan.
Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh para penyedia Pinjol adalah aturan menghubungi kontak darurat.
Biasanya pihak pinjaman online bakal meminta kontak darurat saat awal pengajuan pinjaman.
Kontak darurat adalah orang yang dapat dihubungi oleh penyedia Pinjol jika peminjam mengalami kesulitan atau gagal membayar pinjaman mereka sesuai jadwal.
Nantinya, pinjol akan menghubungi kontak darurat jik debitur susah dihubungi.
Namun, pinjol tidak bisa langsung menghubungi kontak darurat.
Menurut aturan yang berlaku, ada hal yang harus dilakukan terlebih dulu sebelumnya.
Simak penjelasan selengknya!
Sebelum menghubungi kontak darurat, penyedia pinjol harus memberikan pemberitahuan tertulis kepada peminjam.
Pemberitahuan ini harus mencakup beberapa informasi.
Mulai dari jumlah tunggakan, tanggal jatuh tempo, dan rencana tindakan yang akan diambil oleh penyedia Pinjol jika peminjam tidak dapat membayar pinjaman sesuai jadwal.
Peminjam juga harus memberikan persetujuan tertulis sebelum kontak darurat dihubungi.
Selain itu, ada pula aturan yang harus dipatuhi oleh pinjol jika ingin menghubungi kontak darurat.
Aturan Menghubungi Kontak Darurat
1. Waktu Kontak yang Diterima
Penyedia Pinjol harus mematuhi jam kontak yang diterima oleh kontak darurat.
Ini berarti tidak menghubungi mereka pada waktu yang tidak sesuai, seperti larut malam atau dini hari.
Penyedia Pinjol harus memahami bahwa kontak darurat juga memiliki hak untuk privasi dan ketenangan.
2. Informasi yang Diberikan
Baca Juga: Enggak Cuma Ditagih ke Rumah! Ini 5 Risiko Fatal Abaikan Telepon Penagihan DC Pinjol Legal
Ketika menghubungi kontak darurat, penyedia Pinjol hanya boleh memberikan informasi yang relevan tentang status pinjaman peminjam.
Mereka tidak boleh mengungkapkan informasi pribadi atau finansial peminjam kepada kontak darurat tanpa izin peminjam.
3. Bahasa yang Sopan dan Santun
Selama berkomunikasi dengan kontak darurat, penyedia Pinjol harus menjaga bahasa yang sopan dan santun.
Mereka tidak boleh mengintimidasi atau mengancam kontak darurat dalam upaya untuk menagih pinjaman.
4. Pelaporan yang Transparan
Penyedia Pinjol harus melaporkan secara transparan tindakan penagihan yang telah mereka lakukan kepada peminjam.
Ini termasuk jumlah kontak yang telah dilakukan, isi dari pesan yang disampaikan, dan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan pinjaman.
Sebagian isi artikel ini dibuat dengan menggunakan bantuan keceradasan buatan.
Baca Juga: Enggak Cuma Ditagih ke Rumah! Ini 5 Risiko Fatal Abaikan Telepon Penagihan DC Pinjol Legal