Find Us On Social Media :

Ini yang Harus Perempuan Ketahui Soal Pinjol, Jangan Sampai Gampang Terjebak Utang!

GridFame.id - Di era digital ini, teknologi finansial semakin berkembang pesat, memberikan kemudahan akses ke berbagai layanan keuangan.

Namun, seiring kemudahan tersebut, muncul pula risiko, terutama bagi perempuan yang rentan terhadap perangkap pinjaman online (pinjol).

Dosen Sosiologi FISIPOL UGM, Wahyu Kustiningsih, S.Sos., M.A. mengatakan bahwa perempuan adalah kelompok yang rentan terjerat pinjaman online, terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Karena keterdesakan kebutuhan ekonomi, di sisi lain secara administratif, pinjol yang mudah diakses untuk membantu mereka," kata Wahyu saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/10/2021). Wahyu mengatakan bahwa ada banyak faktor yang melatarbelakangi perempuan begitu rentan terhadap hal ini.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pandemi ini telah meningkatkan beban perempuan, yang membuat mereka kemudian menjadi kelompok rentan terhadap jeratan pinjol.

Selama pandemi Covid-19, kata Wahyu, tidak sedikit perempuan, terutama ibu rumah tangga yang harus menerima kenyataan suaminya yang bekerja di sektor informal, pendapatannya mengalami penurunan.

Berikut yang harus perempuan ketahui supaya tidak mudah terjebak pinjol dan memberikan panduan mengelola keuangan dengan bijak.

1. Pahami Risiko Pinjaman Online

Sebelum menggunakan layanan pinjol, perempuan perlu memahami risiko yang terkait.

Pinjol seringkali menawarkan pinjaman dengan suku bunga yang tinggi dan persyaratan yang kurang jelas.

Oleh karena itu, penting untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan sebelum mengambil pinjaman.

2. Prioritaskan Pendidikan Finansial