GridFame.id -
Asuransi kesehatan adalah sistem proteksi finansial yang memberikan perlindungan terhadap biaya pengobatan dan perawatan medis.
Sistem ini memungkinkan individu atau keluarga untuk membayar premi secara berkala kepada perusahaan asuransi sebagai pertukaran atas jaminan perlindungan finansial ketika menghadapi masalah kesehatan yang memerlukan perawatan medis.
Asuransi kesehatan mencakup berbagai layanan kesehatan seperti kunjungan dokter, rawat inap, obat-obatan, tes medis, dan prosedur bedah, serta bisa mencakup juga layanan tambahan seperti terapi fisik dan mental.
Salah satu manfaat utama dari asuransi kesehatan adalah memberikan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan yang berkualitas.
Dengan adanya asuransi kesehatan, individu tidak perlu khawatir akan biaya medis yang mahal.
Ini mendorong mereka untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan tanpa harus memikirkan beban finansial yang besar, sehingga membantu mencegah masalah kesehatan menjadi lebih buruk karena keterbatasan akses terhadap perawatan.
Selain itu, asuransi kesehatan juga memainkan peran penting dalam mendorong pencegahan penyakit dan promosi kesehatan.
Banyak program asuransi kesehatan menawarkan layanan pencegahan seperti pemeriksaan kesehatan berkala, vaksinasi, dan pengetahuan akan gaya hidup sehat.
Dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan, asuransi kesehatan membantu mengurangi risiko penyakit serius dan mendukung upaya untuk menjaga kesehatan yang optimal.
Sayangnya, ada beberapa nasabah yang mengalami gagal klaim asuransi kesehatan.
Nah, OJK bagikan tips jitu anti gagal klaim asuransi.
Baca Juga: Banyak yang Anggap Sepele! Ternyata Ini Pentingnya Ambil Asuransi sebelum Mulai Berinvestasi
Melansir dari Kompas.com, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi memaparkan, lebih dari 50 persen aduan terkait asuransi yang masuk ke OJK berkaitan dengan kesulitan klaim asuransi.
Kemudian, masalah lainnya adalah produk yang dinilai tak sesuai dengan penjelasan saat penawaran.
Selain itu, konsumen juga biasanya mengeluhkan masalah besaran premi, isi polis yang tidak diketahui konsumen, dan permasalahan saat penutupan premi juga jadi masalah yang kerap diadukan ke OJK.
Penyebab gagalnya klaim asuransi terjadi karena beberapa faktor.
Salah satunyakarena konsumen tidak mengungkapkan fakta material terkait kesehatan dan riwayat penyakit.
Selain itu, konsumen juga tak teliti membaca polis yang diberikan.
D isisi lain agen juga tak memberikan penjelasan dengan lengkap, jujur dan akurat.Beberapa konsumen juga kerap tidak membaca polis dengan telitii.
Sehingga tidak memahami hal dan kewajibannya.
Agar klaim asuransi tidak ditolak, pemegang polis harus mengerti, mengenali syarat, kondisi, dan pengecualian dalam polis.
Pemegang polis juga diimbau untuk selalu taat membayar premi asuransi.
Nasabah asuransi juga diingatkan untuk memberikan informasi yang akurat terkait informasi kesehatan.
Baca Juga: Jangan Cuma Cari yang Preminya Murah, Ini 4 Poin Penting saat Memilih Asuransi Untuk Keluarga