Find Us On Social Media :

3 Tren Finansial di 2024, Visa Tunjukkan Data Warga Indonesia Masuk 3 Besar di Asia Pasifik yang Doyan Berwisata untuk Nonton Konser!

Warga Indonesia suka nonton konser sambil berwisata ke luar negeri.

GridFame.idVisa, salah satu jenis pembayaran digital, merilis studi Green Shoots Radar terbaru, yang diluncurkan pada awal Januari 2024 ini.

Survei Green Shoots Radar ini dilakukan secara online terhadap 700 konsumen di Indonesia pada Mei hingga Juni 2023 lalu, dengan responden pria dan wanita usia 18-65 tahun.

Laporan triwulanan ini melacak sentimen konsumen di berbagai sektor, termasuk layanan keuangan, perdagangan, dan perjalanan.

Data menunjukkan, sebanyak 40% konsumen Indonesia yang disurvei menduduki peringkat 3 di Asia Pasifik dalam hal menghadiri konser pada 2023 lalu, baik lokal maupun internasional, setelah India (45%) dan Vietnam (41%).

Menariknya, di antara para responden Indonesia yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menghadiri konser musik.

Sebanyak 44% di antaranya memang merencanakan perjalanan secara khusus untuk menghadiri konser.

Negara Singapura dan Malaysia disebut sebagai tujuan utama para penonton konser dari Indonesia ini.

Baca Juga: Sukses Bantu Perempuan Kembangkan UMKM di Jawa Barat Lewat 'Ibu Berbagi Bijak', Ridwan Kamil Puji Inovasi Visa sebagai Pembayaran Digital

Baca Juga: Traveling Akhir Tahun Makin Asyik dan Fleksibel dengan Sistem Pembayaran Conctactless di Banyak Tempat

 

3 TREN UTAMA DI TAHUN 2024

Selain data di atas, studi ini juga mengungkapkan tiga tren utama untuk tahun 2024, yakni:

Tren 1: Konsumen masih akan terus melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri untuk menghadiri konser musik pada tahun 2024

Di periode pascapandemi, berbagai acara offline seperti konser atau pertandingan olahraga makin marak dan makin banyak pula orang yang melakukan perjalanan untuk menghadirinya.

Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut di tahun 2024, didorong penampilan artis populer seperti Coldplay dan Taylor Swift yang tampil di wilayah ini.

Konser musik adalah jenis acara yang paling populer, diikuti pertunjukan teater/musikal, kemudian acara olahraga.

Tren 2: Sentimen konsumen Indonesia akan tetap positif

Empat dari sepuluh konsumen yang disurvei di Asia Pasifik percaya, prospek domestik mereka akan membaik dalam waktu satu tahun ke depan.

Konsumen Vietnam adalah yang paling optimis, dengan pandangan positif sebesar 75%, diikuti Indonesia (64%) dan Filipina (50%).

Hampir setengah dari konsumen (47%) yang disurvei di wilayah ini percaya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan belanja rumah tangga yang signifikan, dengan Indonesia sedikit lebih tinggi di angka 53%.

Responden di Indonesia lebih banyak mengalami peristiwa yang membawa perubahan besar dalam hidupnya (life event), dibandingkan rata-rata regional.

Membeli mobil baru adalah life event yang paling umum dialami di sebagian besar pasar di Asia Pasifik, termasuk 13% konsumen Indonesia.

Lebih dari separuh responden di Asia Pasifik juga berencana membelanjakan lebih banyak uang mereka selama setahun ke depan. Di Indonesia, angka ini mencapai 59%.

Tren 3: Konsumen akan meningkatkan tabungan pribadi mereka

Selain berniat membelanjakan lebih banyak uang, responden juga berniat lebih banyak menabung. Di Indonesia, 46% responden berniat untuk lebih berusaha menabung.

Jumlah ini lebih tinggi daripada rata-rata regional Asia Pasifik yang hanya 36%. Di seluruh wilayah Asia Pasifik, lebih dari 60% responden menyisihkan hingga 30% pendapatan mereka untuk ditabung.

Konsumen Indonesia memimpin dalam hal tabungan pribadi, dengan 46% menabung penghasilan mereka, antara 10-29% dari pendapatan bulanan mereka.

Baca Juga: Visa Ungkap Hasil Survei Terkait Kebutuhan untuk Solusi Pembayaran Terintegrasi pada Sektor Transportasi Publik di Asia Pasifik

KARTU SEBAGAI METODE PEMBAYARAN PENTING

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, mengatakan, "Bangkitnya traveling, khususnya untuk acara-acara musik adalah tren yang positif.”

Menurut Riko, di dalam perjalanan lintas batas konsumen, kartu sebagai metode pembayaran memainkan peran penting, dengan menyediakan cara yang aman dan terjamin.

Di antaranya, untuk membeli tiket dengan pengalaman pembayaran nirsentuh yang mulus.

Konsumen juga dapat membeli merchandise acara dan membeli berbagai kebutuhan perjalanan dan belanja mereka dengan kartu.

“Di Visa, tujuan kami adalah mendukung semua orang. Dan kami berusaha untuk tetap menjadi bagian penting dalam kehidupan konsumen, menemani mereka dalam menjalani berbagai tahap dan peristiwa kehidupan, dengan produk dan solusi yang relevan," pungkas Riko.