Find Us On Social Media :

Hati-hati Kalau Mau Beli Mobil Bekas! Ini 8 Tips Agar Terhindar dari Modus Penipuan Dealer Abal-abal

tips terhindar dari penipuan jual beli mobil bekas

GridFame.id - Terkait dengan penipuan dalam jual beli mobil bekas, ada beberapa modus yang perlu diwaspadai.

Dealer atau penjual tidak memberikan informasi yang benar tentang status kepemilikan mobil yang mungkin hasil pencurian, dan penjual tidak jujur tentang hal ini.

Penjual yang tidak jujur dapat mencoba mengganti VIN atau BPKB mobil, ini dapat menyebabkan masalah hukum dan kepemilikan di kemudian hari.

Beberapa penjual yang tidak etis dapat merestorasi mobil yang pernah mengalami kecelakaan tanpa memberi tahu pembeli, ini dapat menyembunyikan kerusakan struktural atau masalah lainnya.

Modus penipuan ini melibatkan mengganti angka odometer agar terlihat seperti mobil tersebut telah menempuh jarak yang lebih sedikit daripada yang sebenarnya, hal ini dapat meningkatkan nilai jual mobil.

Beberapa penjual tidak jujur mungkin mencoba memalsukan buku servis atau riwayat perawatan untuk membuat mobil terlihat dalam kondisi lebih baik daripada yang sebenarnya.

Dealer dapat menawarkan paket finansial yang tidak jujur, termasuk bunga yang sangat tinggi atau biaya tersembunyi, ini dapat membuat pembeli membayar lebih dari yang seharusnya.

Dealer atau penjual dapat mencoba menjual mobil yang masih memiliki utang, ini bisa membuat pembeli terlibat dalam masalah hukum dan finansial.

Ada kasus di mana penipu mencoba menjual mobil dengan menyamar sebagai dealer resmi, mereka dapat menggunakan nama dan logo dealer terkenal untuk menipu pembeli.

Beberapa penjual mungkin mencoba melakukan penipuan terkait pembayaran, seperti menerima pembayaran tetapi tidak memberikan mobil atau memberikan mobil dengan kondisi yang tidak sesuai dengan kesepakatan.

Agar tak tertipu, simak begini tips menghindarinya.

Baca Juga: Jangan Pikirkan Harga Murah Saja! Ini Untung Rugi Take Over Kredit Mobil yang Harus Dipertimbangkan