Find Us On Social Media :

Ciri-ciri Modus Penipuan dengan Mengajak Bekerjasama Untuk Berbisnis

modus penipuan berbisnis

GridFame.id - Modus penipuan dengan mengajak bekerjasama untuk berbisnis merupakan salah satu taktik yang sering digunakan oleh para penipu untuk memanipulasi orang agar memberikan uang atau informasi pribadi dengan dalih investasi atau peluang bisnis yang menguntungkan.

Modus ini seringkali dilakukan dengan menggunakan berbagai macam tipu daya dan trik.

Seperti membuat kesan bahwa kesempatan bisnis itu sangat menguntungkan, menawarkan imbal hasil yang tinggi, atau menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Salah satu contoh modus ini adalah skema piramida, di mana seseorang diajak untuk berinvestasi dalam suatu bisnis dengan iming-iming keuntungan yang tinggi jika berhasil merekrut orang lain untuk bergabung dalam bisnis tersebut.

Namun, pada kenyataannya, bisnis tersebut tidak memiliki produk atau layanan yang benar-benar bernilai, dan keuntungan hanya diperoleh dari uang yang diinvestasikan oleh anggota baru yang bergabung.

Modus penipuan ini juga sering dilakukan dengan menggunakan kedok perusahaan atau organisasi palsu.

Di mana para pelaku berusaha meyakinkan korban bahwa mereka sedang berurusan dengan entitas yang sah dan terpercaya.

Mereka mungkin menggunakan situs web palsu, dokumen palsu, atau mengaku sebagai anggota staf perusahaan yang nyata untuk menarik perhatian korban.

Tak heran jika modus seperti ini bisa menggaet banyak korban bahkan merugi hingga miliaran.

Lalu bagaimana cara agar tak terjebak?

Anda bisa mencegah dengan mengetahui ciri-ciri dari modus penipuan berbisnis dibawah ini.

Baca Juga: Duh! Saldo E-Wallet Wanita Ini Ludes Dibobol Buat Bayar Paylater Penipu yang Nyamar jadi Kurir Paket, Begini Modusnya