GridFame.id - Banyak orang yang berlangganan IndiHome untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan di rumah.
Namun, ada juga yang ingin berhenti berlangganan IndiHome karena berbagai alasan, seperti pindah rumah, tidak puas dengan layanan, atau ingin beralih ke provider lain.
Bagi kamu yang ingin berhenti berlangganan IndiHome, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti syarat dan ketentuan, prosedur, dan biaya yang mungkin timbul.
Kamu juga bisa memilih cara berhenti langganan IndiHome yang paling mudah dan nyaman bagi kamu, baik secara online maupun offline.
Syarat dan Ketentuan Berhenti Langganan IndiHome
Sebelum kamu mengajukan permohonan berhenti berlangganan IndiHome, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi, yaitu:
- Kamu harus membayar tagihan IndiHome bulan terakhir atau tunggakan tagihan (jika ada) sebelum mengajukan permohonan berhenti berlangganan.
- Kamu harus mengembalikan perangkat ONT (modem) dan STB (set-top box) yang dipinjamkan oleh Telkom saat berlangganan IndiHome. Jika perangkat rusak atau hilang, kamu harus membayar ganti rugi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Jika kamu berhenti berlangganan sebelum periode minimum kontrak berlangganan 1 tahun, kamu harus membayar biaya denda pengakhiran kontrak sebesar Rp 1.000.000,-
- Biaya penggunaan terakhir (dihitung sejak tanggal 1 bulan berjalan hingga tanggal laporan berhenti berlangganan) akan terbit pada tagihan bulan selanjutnya dengan perhitungan pro-rata.
Cara Berhenti Langganan IndiHome Secara Online
Jika kamu ingin berhenti berlangganan IndiHome tanpa harus keluar rumah, kamu bisa memilih salah satu cara berikut ini:
1. Melalui Aplikasi My IndiHome
My IndiHome adalah aplikasi resmi dari Telkom yang bisa kamu gunakan untuk mengelola layanan IndiHome kamu, seperti cek tagihan, bayar tagihan, upgrade paket, dan lain-lain.
Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk berhenti berlangganan IndiHome dengan cara:
- Buka aplikasi My IndiHome di HP kamu.
- Login dengan menggunakan akun IndiHome kamu seperti biasanya.
- Pilih “Bantuan” di halaman menu.
- Pilih opsi “Indita”.
- Kirim pesan kepada Indita dengan permintaan untuk berhenti berlangganan.
- Ikuti instruksi yang diberikan oleh Indita.
2. Melalui Call Center 147
Call Center 147 adalah layanan telepon dari Telkom yang bisa kamu hubungi untuk berbagai keperluan terkait IndiHome, termasuk berhenti berlangganan.
Baca Juga: Begini Cara Ganti Password Wifi IndiHome dan Cek Perangkat yang Bikin Tagihan Bengkak
Kamu bisa menghubungi nomor ini dari HP atau telepon rumah kamu dengan cara:
- Ketikkan 147 di dial pad.
- Ikuti instruksi yang ada dari panggilan. Kamu akan diminta mengeklik angka satu pada dial pad untuk menggunakan layanan bahasa Indonesia dan dua untuk bahasa Inggris.
- Lanjut, tekan 2 untuk masuk ke pelaporan IndiHome.
- Tekan 1 untuk pelanggan IndiHome.
- Selanjutnya, kamu akan dihubungkan dengan customer service yang membantumu.
- Jelaskan tujuanmu menelpon, sampaikan pula informasi yang diminta oleh admin, seperti nomor ID pelanggan, nomor telepon, dan alamat email.
- Ikuti instruksi dari customer service IndiHome. Kamu akan diminta membayar tagihan terakhir. Baru kemudian menunggu beberapa waktu hingga mendapat konfirmasi dari pihak IndiHome terkait proses pemutusan layanan internet.
3. Melalui Twitter @indihomecare
Twitter @indihomecare adalah akun resmi dari IndiHome yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan customer service IndiHome melalui media sosial.