Find Us On Social Media :

Kesalahan Sepele Penjual Bisa Berakibat Fatal! Ini 9 Penyebab Akun Toko Diblokir Tokopedia

Tokopedia

GridFame.id - Pemilik akun sekaligus pedagang Tokopedia harus tahu.

Seperti diketahui, Tokopedia merupakan salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia.

Tokopedia sendiri merupakan platform dengan basis open marketplace yang memudahkan Anda para pelaku bisnis untuk memulai bisnis online Anda di manapun dan kapanpun.

Bergabung bersama Tokopedia memungkinkan Anda untuk bersaing dengan para pelaku bisnis lainnya di era digital.

Pastinya tanpa harus takut dipusingkan dengan hal-hal teknis yang sulit sekalipun Anda adalah pemula.

Menjadi penjual di Tokopedia memiliki banyak keuntungan seperti verifikasi pembayaran otomatis.

Anda tidak perlu terus-terusan mengecek uang masuk ke rekening Anda, pesanan hanya Anda terima jika pembayaran sudah dilakukan oleh pembeli dan terverifikasi di sistem Tokopedia.

Anda juga tidak perlu menghitung satu per satu ongkos kirim dari setiap pesanan, sistem terhubung langsung dengan kurir pilihan Anda dan pembeli untuk membantu penghitungan ongkos kirim dari dan ke seluruh Indonesia.

Tidak ada biaya admin / deposit di awal pendaftaran. Hasil dari penjualan juga akan seluruhnya menjadi milik Anda tanpa potongan apapun.

Namun ada beberapa kesalahan yang bisa berdampak fatal pada akun Anda.

Simak ini penyebab akun toko bisa diblokir atau dimoderasi.

Baca Juga: Ada Lamb of God Hingga Saint Loco! Begini Cara Beli Tiket Presale Hammersonic 2024 Lewat Tokopedia 

Penyebab Toko Dimoderasi

Dilansir dari laman resmi tokopedia.com, berikut ini penyebab akun toko Anda terblokir: 

1. Menjual Produk yang Dilarang & Konten Tidak Memenuhi Standar

Menjual produk yang dilarang seperti produk yang mengandung Merkuri dan senjata tajam atau konten yang tidak memenuhi standar dalam Syarat dan Ketentuan Tokopedia, contohnya toko menjual produk-produk senjata api.

2. Mengarahkan Pembeli untuk Bertransaksi di Luar Tokopedia

Agar kepercayaan antara penjual dan Pembeli terjaga dengan baik, seluruh proses jual beli harus dilakukan di Tokopedia, Anda tidak boleh mengajak Pembeli untuk bertransaksi di luar Tokopedia.

Proses transaksi di Tokopedia lebih mudah dan aman baik dari sisi Penjual dan Pembeli, misalnya mengajak calon Pembeli untuk bertransaksi lewat saluran pribadi atau Whatsapp.

3. Menyalahgunakan Data Pembeli

Untuk menjaga identitas dan kerahasiaan data Pembeli, Penjual tidak diperbolehkan untuk menggunakan data Pembeli seperti alamat atau nomor telepon untuk kepentingan lain selain pengiriman.

Tokopedia selalu berupaya untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang baik sehingga Penjual tidak perlu untuk menghubungi Pembeli melalui kontak pribadi, Anda dapat menghubungi calon Pembeli melalui fitur chat yang disediakan.

4. Ada Indikasi Manipulasi

Adanya indikasi manipulasi transaksi melalui penjualan tinggi yang mencurigakan, tidak adanya resi pengiriman yang valid, dan ketidakwajaran lainnya demi memperoleh keuntungan pribadi (promo, reputasi produk, reputasi toko, dan lain-lain).

Baca Juga: Begini Cara Bayar Tagihan IndiHome Pakai Shopee, Tokopedia dan Gopay Agar Jaringan Tak Diputus

Indikasi manipulasi ini juga termasuk kerja sama antara penjual dan Pembeli untuk memanipulasi transaksi guna mendapatkan keuntungan promo yang merugikan Tokopedia.

Contohnya toko yang baru buka, tetapi langsung memiliki banyak produk dan sudah melakukan puluhan transaksi.

5. Ada Indikasi Toko Menipu Pembeli

Sebagai Penjual, Anda tidak boleh meminta kode verifikasi, password, atau upaya lain yang dapat merugikan Pembeli.

Aktivitas seperti itu akan diduga sebagai indikasi untuk menipu Pembeli, contohnya Penjual meminta kode verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

6. Duplikasi Toko

Penjual terindikasi meniru produk toko lain dengan deskripsi, judul, atau gambar yang sama/serupa, contohnya Penjual membuat satu atau lebih toko yang mengandung deskripsi dan gambar produk serupa dengan toko lainnya.

7. Performa Toko yang Buruk 

Moderasi toko juga dapat terjadi akibat performa toko yang buruk.

Aktivitas yang dapat membuat performa toko buruk antara lain toko sering menolak pesanan, memasukkan jumlah stok produk yang tidak sesuai, atau hal lain yang mengakibatkan pengalaman Pembeli yang buruk saat bertransaksi di Tokopedia.

Contoh: Menulis jumlah tertentu pada keterangan stok barang padahal sebenarnya kosong.

Baca Juga: Promo Ramadhan Sudah Mulai di Tokopedia, Bisa Dapat Baju Lebaran Diskon 90 Persen Loh!

8. Terhubung ke Akun yang Mencurigakan

Adanya indikasi toko berhubungan dengan akun-akun mencurigakan yang melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia, serta berpotensi digunakan sebagai sarana manipulasi, contoh akun memiliki deskripsi toko yang tidak jelas.

 

9. Indikasi ancaman atau kata kasar

Adanya indikasi ancaman penyebaran data, penggunaan data user lain, atau ancaman lain yang bersifat menggunakan data pribadi user lain, mohon menunggu durasi moderasi.

Terdapat indikasi perkataan kasar karena permasalahan di chat/diskusi tanpa ada unsur penyalahgunaan data PII (Personal Identifiers Information).

Toko Anda akan dimoderasi selama 3 hari, mohon menunggu sesuai durasi moderasi.

Baca Juga: Ada Diskon dan Cashback Produk Makanan Hingga Home Living! Begini Cara Cek dan Klaim Voucher Ramadan di Tokopedia