GridFame.id – Peran fashion dalam kehidupan sehari-hari saat ini jauh lebih dalam maknanya dari sekadar penampilan seseorang.
Tak hanya memerhatikan kenyamanan dan kemodisan pakaian, setiap pilihan yang dikenakan seseorang adalah bagian dari ekspresi dirinya yang unik.
Hal itu menjadikan fashion sebagai alat komunikasi universal yang dapat dipahami semua orang, di mana pun dan kapan pun.
Sepanjang perjalanan transformasi industri fashion global, tren dan gaya fashion selalu berubah mengikuti perkembangan zamannya.
Namun berbeda halnya dengan gaya street wear, sebuah gaya ikonik yang popularitasnya kian berkembang pesat, terutama saat ini.
Gaya ini terkenal dengan konsepnya yang memberi ruang untuk mengekspresikan jati diri melalui desain-desain kreatif, yang terinspirasi oleh ragam budaya populer.
Serta, mengedepankan kenyamanan dan fungsionalitas sehingga membuatnya menjadi gaya fashion yang digemari banyak kalangan dan pergaulan.
Baca Juga: Simak Solusi Shopee Paylater Dinonaktifkan Sementara Karena Kebijakan Internal, Ini Masalahnya
Baca Juga: Sebelum Mencairkan Limit Shopee Paylater ke Rekening Simak Dulu yang Satu Ini
Semakin Meningkatnya Minat pada Produk Lokal
Sebagai bagian dari kemeriahan kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale, Sivia (musisi) dan Alfonsus Ivan (founder produk sepatu lokal Kanky), berbagi pandangan mengenai perkembangan industri fashion Indonesia, khususnya tren streetwear yang terus meningkat popularitasnya.
Dengan pembahasan yang fokus terhadap transformasi tren fashion, Sivia membagikan kisah perjalanannya menemukan gaya fashion yang sesuai dengan karakternya.
Sesi talkshow semakin spesial bersama Alfonsus ‘Kanky’ yang membagikan cerita perjalannya sebagai brand sneakers lokal yang fokus menciptakan produk fashion sesuai kebutuhan konsumen Indonesia.
Adi Rahardja, Director of Business Growth Shopee Indonesia, mengatakan, “Tren yang terus berputar di industri fashion telah melahirkan beragam variasi produk hingga gaya berpakaian.”
Hal ini, lanjutnya, menjadi faktor yang mendorong kemajuan industri fashion di Indonesia dengan terus bertambahnya brand fashion lokal yang menawarkan kualitas terbaik, guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang kian beragam.
Menurut Adi, terus meningkatnya minat masyarakat terhadap produk fashion juga terlihat di Shopee, yang mana fashion konsisten menjadi salah satu kategori favorit yang selalu mendapatkan antusiasme tinggi dari pengguna.
“Kami berharap hadirnya kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale kali ini kembali memberi inspirasi gaya serta motivasi bagi para brand lokal untuk semakin giat berkreasi menciptakan beragam koleksi produk berkualitas,” tandas Adi.
Baca Juga: Promo Ramadhan di Shopee Hari Ini! Belanja Baju Lebaran Diskon 80 Persen, Ada Berrybenka Hingga Zoya
Baca Juga: Begini Cara Beli Paket Vidio Premier di Shopee Biar Tak Ketinggalan Nonton Premier League
Kanky Hadirkan Desain Inovatif Melalui Upaya Kolaboratif
Meski pun tren di dunia fashion berputar sangat cepat, sepatu sneakers merupakan aksesoris universal yang menjadi fashion item tak lekang oleh waktu, yang wajib dimiliki semua orang.
Melihat permintaan dan kebutuhan masyarakat akan sneakers lokal berharga terjangkau, Alfonsus Ivan memutuskan mendirikan Kanky pada 2019, dengan semangat menghadirkan brand sepatu lokal berkualitas.
Alfonsus yang telah terjun ke dunia bisnis fashion selama 23 tahun sebagai distributor sepatu, berfokus menciptakan produk full lokal, mulai dari bahan hingga pembuatan dikerjakan tenaga kerja dan lokasi di Indonesia.
Kendati fokus utama Kanky menghadirkan koleksi sepatu lokal berteknologi terbaik yang mengedepankan kenyamanan dan fungsionalitas, tak dapat dipungkiri, tren fashion menjadi komponen penting dalam mendesain sepatu.
Salah satu gaya yang lekat dengan sneakers adalah tren street wear yang popularitasnya terus meningkat, khususnya di kalangan anak muda.
“Menurut saya, gaya berpakaian street wear adalah salah satu gaya yang paling mendukung seseorang untuk berpakaian sesuai jati diri mereka dan sangat mengedepankan kenyamanan,” ujar Alfonsus.
Hal ini sejalan dengan visi Kanky yang ingin mengembalikan fungsi sepatu pada konsep utamanya, yaitu digunakan buat melindungi kaki.
Namun tentunya tak bisa dipungkiri jika model sepatu yang trendy juga penting. Maka, Kanky kini memiliki dua tipe koleksi sepatu, fashion dan sport style, untuk memenuhi preferensi konsumen yang berbeda.
Semenjak fokus mengalihkan penjualan ke platform online, Kanky selalu antusias mengikuti berbagai kampanye dan program dari Shopee.
Sebab Kanky merasakan peningkatan order yang signifikan sejak bergabung dengan Shopee.
Fitur-fitur interaktif dan sejumlah inovasi yang Shopee hadirkan sangat membantu kegiatan pemasaran Kanky.
Fitur utama yang saat ini manfaatnya sangat dirasakan adalah Shopee Live, yang membantu Kanky menawarkan pelayanan lebih interaktif kepada pengguna.
Fitur ini sangat berguna untuk brand fashion seperti Kanky karena konsumen perlu melihat produk dengan lebih detail sehingga membantu pengguna menentukan keputusan saat berbelanja.
“Selain fitur interaktif seperti Shopee Live dan kampanye tematik, kami juga merasa Shopee senantiasa menciptakan berbagai inovasi terbaru untuk memberikan pengalaman jual beli terbaik bagi penjual dan konsumen,” imbuh Alfonsus.
Contoh terbaru, program Garansi Tepat Waktu, yang memberi jaminan waktu pengiriman pesanan bagi pembeli.
Inisiatif terbaru sangat sejalan dengan semangat Kanky yang percaya, konsumen adalah komponen utama dalam suatu usaha.
Dengan menghadirkan program yang berpotensi meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Shopee, Alfonsus yakin hal ini juga akan memberi dampak positif bagi brand seperti Kanky.
“Berkat segala dukungan dari Shopee, di awal tahun ini Kanky berhasil mengalami peningkatan transaksi hingga 110% dibandingkan awal tahun lalu,” ungkap Alfonsus.
Baca Juga: Adakah Cara Bayar Shopee Paylater Setengah Dulu? Simak Penjelasannya
Gaya Street Wear Menjadi Cara Ekspresikan Diri Sivia
Tumbuh kembang sebagai musisi yang malang melintang di industri musik dan entertainmen membuat Sivia Azizah menemukan berbagai jenis gaya fashion yang menemani perjalanan karirnya.
Ragam rutinitas yang dijalani Sivia menjadikannya sebagai pribadi yang gemar mengeksplorasi gaya fashion yang up-to-date.
Mulai dari gaya yang girly, feminin, boyish, hingga kini nyaman bergaya casual dan street wear.
Dengan ragam tanggung jawab barunya sebagai seorang ibu dan istri, menjadikan Sivia smakin kreatif dan adaptif dalam mengkreasikan gaya fashion-nya, agar selalu tampil menawan sesuai peran dan kebutuhan di setiap kegiatan.
Sivia mengatakan, “Gaya fashion merupakan salah satu medium terbaik untuk mengekspresikan jati diri aku.”
Setelah mencoba banyak gaya fashion yang berbeda sejak masa remaja, kini Sivia mengaku lebih nyaman mengeksplorasi gaya street wear dengan nuansa feminin melalui hijab, serta sentuhan sporty dari kegemaran mengoleksi sneakers.
“Aku ingin energi dan semangatku tercermin melalui penampilanku. Aku lebih nyaman dengan tampilan santai namun tetap dalam nuansa elegan.”
Terutama, lanjutnya, dengan mix & match outfit bergaya casual – streetwear. “Apalagi, belakangan gaya ini semakin hits digemari banyak skena pergaulan generasi muda,” imbuh Sivia.
Menurut Sivia, meningkatnya pamor tren gaya street wear di Indonesia tak lepas dari makin kreatifnya brand fashion lokal dalam berinovasi menciptakan berbagai lini produk berkualitas, dengan harga terjangkau.
Selain itu, kehadiran platform e-commerce, seperti Shopee, turut berperan signifikan. Lengkapnya variasi brand fashion yang hadir di Shopee, membuat para pengguna memiliki akses uas dalam mencari produk fashion lokal berkualitas.
“Dengan segala kemudahan yang di hadirkan selama ini, telah menjadikan Shopee sebagai salah satu wadah utama bagi penggemar fashion untuk berbagi inspirasi dan referensi gaya fashion terkini.”
Dalam waktu dekat, Sivia mengaku, ingin memanfaatkan kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale untuk menambah koleksi pakaian dan aksesorisnya untuk manggung, siaran, endorsement, dan hangout.
“Aku rencananya bakal mantengin live Shopping dari brand fashion favorit di fitur Shopee Live dan konten-konten Shopee Video. Apalagi, saat ini di keranjang oranye aku sudah menanti banyak sekali produk fashion dan aksesoris karya brand lokal yang ingin segera aku check-out!” pungkas Sivia.
Baca Juga: Mau Komisi Berlipat Ganda? Pakai Trik Ini Untuk Meningkatkan Traffic Shopee Affiliate
Baca Juga: Simak Apa Saja Alasan Shopee Paylater Tak Bisa Dipakai dan Solusinya
Koleksi Fashion Terkini di 3.3 Grand Fashion Sale
Kampanye 3.3 Grand Fashion Sale kembali digelar untuk membantu pengguna menciptakan outfits terbaik, dengan melengkapi koleksi produk fashion sesuai dengan gaya masing-masing.
Pada hari puncak kampanye di tanggal 3 Maret 2024 , Shopee telah menyiapkan sejumlah penawaran spesial yang dapat dinikmati untuk berbelanja beragam produk fashion terkini, selama satu hari penuh!
- Gratis Ongkir Rp 0 Semua Toko: nikmati promo gratis ongkir tanpa minimal belanja sepanjang hari di puncak kampanye.
- Dijamin Diskon 50%: dapatkan voucher tambahan diskon 50% pada pukul 00.00, 12.00, dan 20.000 WIB sepanjang puncak kampanye.
- Checkout Fashion Gratis: pengguna berkesempatan mendapatkan koleksi produk fashion pilihan seharga Rp 1 sepanjang puncak kampanye.