Find Us On Social Media :

Memang Tak Butuh 20 tahun Biar Lunas, tapi Ini Kerugian Beli Rumah Cash Bertahap Dibanding KPR

ilustrasi beli rumah

GridFame.id - Beli rumah dengan sistem cash bertahap adalah ketika seseorang membeli rumah dengan membayar sejumlah uang tunai di muka.

Biasanya sebagai uang muka atau pembayaran awal, dan sisanya dibayarkan secara bertahap selama periode waktu tertentu.

Ini berarti bahwa pembeli membayar sebagian besar harga rumah secara langsung pada saat pembelian, tetapi sisanya dibayarkan dalam pembayaran cicilan yang diatur sebelumnya.

Dalam sistem cash bertahap ini, pembayaran cicilan biasanya dilakukan secara bulanan atau tahunan selama periode waktu yang telah disepakati.

Ini dapat berkisar dari beberapa tahun hingga lebih dari sepuluh tahun tergantung pada perjanjian antara pembeli dan penjual.

Cicilan ini dapat mencakup pembayaran pokok dan bunga, tergantung pada kesepakatan yang dibuat.

Secara umum, sistem cash bertahap ini dapat memberikan fleksibilitas kepada pembeli yang mungkin tidak memiliki keseluruhan jumlah pembayaran pada saat pembelian tetapi memiliki kemampuan untuk membayar sebagian dari harga rumah secara langsung.

Ini juga dapat menjadi alternatif bagi pembeli yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman hipotek dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Namun, penting untuk memahami bahwa dalam beberapa kasus, pembayaran cicilan dalam sistem cash bertahap juga dapat mempengaruhi harga keseluruhan yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Terutama jika ada bunga yang dikenakan.

Selain itu, pembeli juga perlu mempertimbangkan risiko dan konsekuensi keterlambatan pembayaran atau perubahan dalam situasi keuangan di masa mendatang.

Baca Juga: Kapan Bank Akan Sita Rumah KPR yang Nunggak Berbulan-bulan? Begini Penjelasannya