Find Us On Social Media :

Ramai di Media Sosial Modus Penipuan Jual Beli Online Berujung Phising, Korban Merugi Hingga Rp 93 Juta

modus penipuan phising

GridFame.id - Phishing adalah suatu bentuk serangan cyber yang dimaksudkan untuk memperoleh informasi sensitif, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi keuangan lainnya, dengan cara menipu pengguna internet.

Serangan ini biasanya dilakukan melalui email palsu, situs web palsu, atau pesan teks yang didesain sedemikian rupa agar terlihat meyakinkan.

Para penjahat cyber yang melakukan phising sering kali menyamar sebagai lembaga keuangan, perusahaan teknologi, atau pemerintah untuk memancing korban agar memberikan informasi pribadi mereka.

Mereka menggunakan teknik manipulasi psikologis dan desain yang menipu untuk membuat korban merasa terpaksa memberikan informasi sensitif.

Ada beberapa jenis phising yang umum, termasuk phishing email, spear phishing, dan pharming.

Phishing email melibatkan pengiriman email palsu kepada banyak orang dengan harapan mendapatkan informasi dari beberapa korbannya.

Spear phishing adalah serangan yang lebih terfokus, di mana penjahat cyber menargetkan individu atau organisasi tertentu dengan pesan yang disesuaikan secara personal.

Sementara itu, pharming melibatkan manipulasi sistem DNS untuk mengarahkan pengguna ke situs web palsu tanpa sepengetahuan mereka.

Serangan phishing bisa mencuri informasi korban dan keuangan bisa digunakan untuk penipuan, dan data sensitif bisa dijual di pasar gelap.

Belum lama ini ramai di media sosial penipuan dengan modus berjualan ternyata malah diarahkan ke link phising.

Korban pun merugi dengan nominal cukup besar yaitu Rp 93 juta, begini modusnya.

Baca Juga: Masih Banyak yang jadi Korban! Ini 7 Tips Agar Terhindar dari Modus Penipuan Phising Lewat HP