GridFame.id - Apakah Anda menggunakan Kredivo sebagai pilihan paylater?
Kredivo jadi salah satu paylater yang cukup banyak digunakan masyarakat.
Pasalnya, Kredivo terhubung ke berbagai e-commerce dan juga toko sebagai alat pembayaran.
Dengan menggunakan Kredivo juga bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon.
Namun ada kalanya pengguna Kredivo mengalami kendala akun tidak bisa digunakan atau diblokir.
Padahal semua tagihan terbayar dan tidak ada tagihan.
Wah, kenapa ya?
Berikut alasan akun Kredivo tidak bisa digunakan, dilansir dari laman blog resmi Kredivo.
Alasan Akun Kredivo Tidak Bisa Digunakan
1. Keterlambatan Pembayaran
Salah satu alasan utama mengapa akun Kredivo bisa diblokir adalah keterlambatan pembayaran.
Jika Anda tidak membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo, maka akun akan terblokir.
Namun, langkah-langkah untuk membayar tagihan yang terlambat telah disediakan untuk memastikan akun aktif kembali.
Baca Juga: Kenapa Tak Muncul Opsi Cicilan Ketika Belanja di Shopee Pakai Kredivo?
2. Proses Pengenalan Nasabah
Sebagai penyedia jasa pinjaman yang beroperasi di Indonesia, Kredivo wajib menjalankan proses Pengenalan Nasabah atau yang biasa disebut dengan KYC (Know Your Customer).
Salah satu tahapan tersebut adalah mengunggah foto KTP asli dan foto selfie.
Jadi, jika akun Anda diblokir, kemungkinan terkait dengan proses KYC ini.
Untuk menyelesaikan masalah ini, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service Kredivo di nomor 0804-1-573-348 atau melalui email di support@kredivo.com.
3. Perlindungan dari Risiko
Kebijakan perlindungan dari risiko juga dapat menyebabkan akun Kredivo terblokir.
Kredivo melindungi dana pemberi pinjaman dan akun dengan melaporkan setiap kegagalan pembayaran kepada Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, dan lembaga lainnya yang berwenang.
Ketika dinyatakan gagal bayar, Kredivo berhak melakukan tindakan hukum yang diperlukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Cara Mengatasi Akun Kredivo yang Terblokir
1. Terblokir karena Keterlambatan Pembayaran
Jika akun terblokir karena keterlambatan pembayaran, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah segera membayar tagihan yang tertunda.
Setelah melunasi tagihan, akun akan bisa kembali aktif dan dapat digunakan dengan normal.
2. Hubungi Customer Service
Jika akun masih terblokir, meskipun tidak ada keterlambatan pembayaran, segera hubungi Customer Service Kredivo.
Anda dapat menghubungi mereka melalui nomor 0804-1-573348 atau mengirimkan email ke support@kredivo.com.
Baca Juga: Kelebihan Bayar Tagihan Kredivo? Pakai Cara Ini Biar Uang Kembali
Tim Customer Service akan membantu dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.
Pastikan berikan informasi yang lengkap dan jelas agar bisa dibantu dengan cepat.
Blokir Akun Bila Handphone Hilang atau Dicuri
Sebagai informasi, jika handphone hilang atau dicuri, maka akun Kredivo tidak akan diblokir secara otomatis.
Oleh karena itu, Anda bisa melindungi akun dengan segera melaporkan kehilangan handphone kepada Customer Service Kredivo.
Setelah laporan tersebut diterima, Anda dapat mencoba masuk atau login di perangkat baru dengan melakukan verifikasi yang diperlukan.
Proses ini akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas melalui foto selfie atau menghubungi Customer Service untuk melakukan Unlink Perangkat di handphone lama.
Setelah verifikasi selesai, akun di perangkat lama akan logout dan ter-unlink secara otomatis.
Anda dapat login kembali di perangkat yang baru seperti biasa dengan memasukkan nomor handphone terdaftar, PIN, dan OTP.
Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan akun Kredivo yang terblokir, tidak perlu panik.
Ingatlah untuk segera melakukan pembayaran tagihan pada tanggal jatuh tempo dan menghubungi Customer Service untuk mendapatkan bantuan.
Baca Juga: Begini Cara Daftar Kredivo Affiliate Biar Bisa Dapat Uang Tanpa Utang