Find Us On Social Media :

Ikuti "Tips 3C" untuk Menghindari Penipuan Bermodus Kerja Part Time Melalui WhatsApps!

Pentingnya selalu #CekFakta sebelum percaya iming-iming komisi atau pendapatan.

Gridfame.id - Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Bogor, Jehan, merupakan korban penipuan dengan modus kerja paruh waktu (part time).

Akibatnya, ia mengalami kerugian hingga ratusan juta karena tergoda mendapatkan iming-iming komisi dan pendapatan puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Dari pengalaman pahitnya tersebut, Jehan pun berupayan agar orang lain tidak mengalami apa yang ia alami.

Jehan pun berhasil menjadi salah satu dari tiga pemenang Kompetisi Pejuang #CekFakta bersama Shopee yang telah berlangsung sejak 19 Februari 2024 hingga 18 Maret 2024 lalu.

Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kesadaran pengguna terhadap modus-modus penipuan terbaru yang muncul.

Serta mengajak pengguna untuk bisa lebih sadar agar terhindar dari modus penipuan online melalui tips 3C dan fitur Cek Fakta di aplikasi Shopee.

Dalam ungahannya di kompetisi tersebut, Jehan menjelaskan pentingnya melakukan validasi kebenaran sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

“Pertama, untuk menghindari penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab, kita harus cek kebenaran dari informasinya terlebih dahulu langsung ke instansinya,” kata Jehan.

Melalui aplikasi Shopee, bisa menggunakan fitur yang tersedia pada bagian “Akun” dan “Chat dengan Shopee”, kemudian pilih menu Cek Fakta, atau melalui layanan pelanggan.

Yang terpenting, lanjut Jehan, jangan mudah percaya dengan iming-iming komisi atau pendapatan di awal.

“Soalnya, hal ini menjadi pancingan agar korban percaya lalu dengan mudah melakukan semua yang diinstruksikan oleh pelaku penipuan,” jelas Jehan.

Baca Juga: Polri Bagikan Tips Ampuh Antisipasi Penipuan Jual Beli di E-commerce

Baca Juga: Hati-Hati Saldo Ludes! Ini Hal yang Tak Boleh Dilakukan Ketika sedang Menerima Panggilan dari Nomor Asing