Gridfame.id - Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Bogor, Jehan, merupakan korban penipuan dengan modus kerja paruh waktu (part time).
Akibatnya, ia mengalami kerugian hingga ratusan juta karena tergoda mendapatkan iming-iming komisi dan pendapatan puluhan ribu hingga ratusan ribu.
Dari pengalaman pahitnya tersebut, Jehan pun berupayan agar orang lain tidak mengalami apa yang ia alami.
Jehan pun berhasil menjadi salah satu dari tiga pemenang Kompetisi Pejuang #CekFakta bersama Shopee yang telah berlangsung sejak 19 Februari 2024 hingga 18 Maret 2024 lalu.
Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kesadaran pengguna terhadap modus-modus penipuan terbaru yang muncul.
Serta mengajak pengguna untuk bisa lebih sadar agar terhindar dari modus penipuan online melalui tips 3C dan fitur Cek Fakta di aplikasi Shopee.
Dalam ungahannya di kompetisi tersebut, Jehan menjelaskan pentingnya melakukan validasi kebenaran sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.
“Pertama, untuk menghindari penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab, kita harus cek kebenaran dari informasinya terlebih dahulu langsung ke instansinya,” kata Jehan.
Melalui aplikasi Shopee, bisa menggunakan fitur yang tersedia pada bagian “Akun” dan “Chat dengan Shopee”, kemudian pilih menu Cek Fakta, atau melalui layanan pelanggan.
Yang terpenting, lanjut Jehan, jangan mudah percaya dengan iming-iming komisi atau pendapatan di awal.
“Soalnya, hal ini menjadi pancingan agar korban percaya lalu dengan mudah melakukan semua yang diinstruksikan oleh pelaku penipuan,” jelas Jehan.
Baca Juga: Polri Bagikan Tips Ampuh Antisipasi Penipuan Jual Beli di E-commerce
Baca Juga: Amankah Langsung Berikan KK saat Lamar Pekerjaan? Begini Penjelasannya
Tips 3C untuk Hindari Penipuan Mengatasnamakan Shopee
Maraknya modus penipuan seperti ini membuat Shopee secara konsisten melakukan edukasi kepada penggunanya melalui berbagai channel media sosial.
Shopee pun membangikan Tips 3C untuk lebih berhati-hati jika mendapatkan informasi yang mengatasnamakan Shopee:
- Cek Pengirimnya: semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang hijau dan media sosial resmi Shopee yang sudah terverifikasi.
- Cek Fakta melalui Customer Service Shopee: jika membutuhkan kepastian atas informasi mencurigakan, pengguna bisa menggunakan fitur Cek Fakta di bagian “Akun” > “Chat dengan Shopee” pada aplikasi Shopee, untuk mengecek kebenaran informasi yang diterima. CS Shopee melayani 24 jam selama 7 hari!
- Cari Tahu Modusnya: modus penipuan terus berubah sehingga pengguna bisa mengikuti akun @shopeecare_id di Instagram agar selalu update tentang penipuan berkedok Shopee.
Budayakan Cek Fakta dan selalu mengecek informasi mencurigakan, serta tetap waspada terhadap berbagai modus penipuan online yang ada.
Informasi lebih lanjut untuk tips berbelanja aman dan nyaman dapat diakses di XTRA Aman (shopee.co.id).