Find Us On Social Media :

Begini Cara Maksimalkan Google Maps Untuk Tarik Pembeli ke Usaha Kita

GridFame.id - Punya usaha rumahan dan mau lebih banyak pembeli datang?

Selain lewat sosial media, kita bisa banget memanfaatkan Google Maps loh!

Ya, membaca review di Google Maps sebelum datang ke suatu tempat kini jadi salah satu pertimbangan banyak orang.

Jadi selain mengetahui rute ke suatu tempat, kita juga bisa membaca review dan bahkan mengetahui 'isi' dari usaha tersebut sebelum ke sana.

Bagaimana memaksimalkan penggunaan Google Maps untuk berbisnis?

Simak uraiannya seperti mengutip Forbes via Kompas.com berikut ini!

1. Memastikan Alamat Bisnismu Terverifikasi

Pertama-tama, daftarkan alamat bisnismu dan tunggu sampai Google Maps memverifikasinya.

Ciri bahwa alamat bisnismu sudah mendapatkan verifikasi adalah adanya tanda khusus pada Google Maps saat dilakukan pencarian.

Alamat merujuk pada lokasi tempatmu menjalankan peluang bisnis, semisal alamat rumah untuk UMKM (usaha, mikro, kecil, dan menengah) atau kantor.

Perlu kamu ingat, alamat bisnis yang didaftarkan ke Google Maps bukan situs web, lho.

Baca Juga: Cara Cari Rest Area Terdekat di Google Maps di Tol Paling Akurat

Alamat terverifikasi akan memudahkan pelanggan mencari ide usaha milikmu, karena bisnismu akan masuk dalam daftar pencarian teratas.

2. Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Kedua, tunjukkan testimoni sebanyak mungkin dari pelanggan agar bisnismu masuk dalam pencarian teratas di Google Maps.

Testimoni pelanggan juga bisa meningkatkan profil bisnismu untuk ditemukan calon konsumen baru yang mencari via Google.

Bila banyak testimoni positif, misalnya terkait produk maupun pelayananmu, Google Maps akan menempatkan bisnismu sebagai rekomendasi.

Artinya, peluang bisnis yang kamu jalankan langsung muncul di rekomendasi halaman jika pelanggan mengetikkan kata kunci yang terkait.

Kata kunci yang mungkin muncul dari testimoni yang dituliskan pelanggan juga bisa berpengaruh pada pencarian.

Makanya jangan sepelekan testimoni, dan pastikan situs web bisnismu juga terhubung dengan akun Google.

Dengan begitu saat pelanggan mencari lokasi/alamat usaha lewat Google Maps, situs web, testimoni, dan rekomendasi produk dapat muncul juga.

3. Respons Testimoni di Google Maps

Berikutnya, jangan lupa untuk merespons testimoni yang ditinggalkan pelanggan melalui Google Maps.

Baca Juga: Siap Hadapi Arus Balik Mudik? Begini Cara Akses Google Maps Pakai Apple Watch

Dengan cara itu kamu dapat menunjukkan kualitas pelayananmu, sekaligus mengoptimalkan profil bisnis di Google.

Walau sekadar ucapan terima kasih, respons terhadap testimoni dapat meningkatkan kepercayaan pelangaan.

Selain itu, respons terhadap testimoni di Google Maps bisa memengaruhi pencarian.

Terlebih jika kamu juga melampirkan tautan bisnis di dalam Google Maps atau respons atas testimoni pelanggan tadi.

Selamat mencoba memaksimalkan penggunaan Google Maps untuk menyukseskan ide usaha, ya.

Baca Juga: Pemilik Mobil Listrik Wajib Tahu! Begini Cara Mencari SPKLU Terdekat Pakai Google Maps