GridFame.id – Konsisten mewujudkan komitmennya untuk mewadahi pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal, Shopee terus menciptakan berbagai inisiatif dan program demi menghadirkan lebih banyak peluang baru.
Mendorong UMKM dan brand lokal agar terus bertransformasi memperkuat eksistensi, serta mampu beradaptasi memaksimalkan keberadaan teknologi dan fitur elemen interaksi guna menjawab kebutuhan konsumen yang terus berkembang.
Hal ini selaras dengan misi Shopee untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup seluruh pengguna melalui pengalaman belanja online terbaik dan interaktif.
Tak hanya berjaya di negeri sendiri, produk-produk UMKM dan brand lokal kini sukses berdaya saing global melalui Program Ekspor Shopee.
Di mana program ini berhasil membuka jalan bagi lebih dari 26 juta produk lokal untuk diekspor ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.
Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan, “Sepanjang beroperasi di Indonesia, Shopee berupaya mewujudkan komitmennya berperan aktif mendorong roda perekonomian Indonesia.”
Sejumlah inovasi berkelanjutan yang dihadirkan Shopee, lanjutnya, telah berkontribusi membantu para UMKM dan brand lokal untuk berkembang hingga mencapai potensi pertumbuhan bisnis yang maksimal.
Kini, kata Monica, kita dapat menyaksikan bagaimana pencapaian positif performa bisnis para pelaku usaha lokal dan sejalan dengan meningkatnya antusiasme dan permintaan pengguna terhadap produk Tanah Air.
“Tentunya pencapaian luar biasa ini tak terlepas dari dukungan dan sinergi seluruh ekosistem Shopee yang terus menciptakan dampak positif yang luas,” imbuh Monica.
Baca Juga: Yakin Masih Berani Pakai Jasanya? Begini Cara Kerja Joki Hapus Data Pinjol
Baca Juga: Ternyata Ini 5 Hal yang Tak Dibeli Orang Kaya, Nomor 3 Pasti Banyak yang Kesentil!
Hadirkan Panggung dan Peluang Potensi Bisnis UMKM dan Brand Lokal
Shopee berinovasi hadirkan kampanye belanja tematik yang lengkap dan bervariasi untuk memberi panggung bagi brand lokal dan UMKM dalam memasarkan produknya secara maksimal.
Terlebih, berbagai momen penting di sepanjang tahun menjadi daya tarik bagi konsumen guna mencari penawaran spesial dan kelengkapan produk dalam memenuhi berbagai kebutuhan, di antaranya:
- Semarak perayaan 8 tahun Shopee, ditandai dengan kampanye ikonik 12.12 Birthday Sale pada 2023 lalu yang berhasil merealisasikan terciptanya bisnis berkelanjutan bagi UMKM dan brand lokal.
Pada hari puncak kampanye 12.12, tercatat peningkatan transaksi produk lokal hingga 10x lipat dibandingkan hari biasa.
- Berbagai produk lokal dari kategori fashion dan beauty menempati podium teratas sebagai produk yang paling dicari pengguna selama tahun 2023.
Sleian itu, celana kulot, hijab pashmina, sneakers, dan dompet menjadi 4 produk yang banyak dicari oleh pengguna untuk kategori fashion.
Sementara itu, produk kecantikan lokal seperti sunscreen, toner, dan lipstik telah menjadi kebutuhan primer para pengguna.
Baca Juga: Simak Ini Dia Modus Pinjol Ilegal dan Judi Online yang Sering Menjebak Masyarakat
Baca Juga: 3 Penyebab Umum Pengusaha Pemula Sering Kehabisan Modal di Awal
Dorong Sinergi Antar Ekosistem Melalui Program dan Fitur Interaktif
Selain menghadirkan kampanye belanja tematik, Shopee senantiasa fokus memerhatikan perilaku belanja online yang terus dinamis.
Perubahan preferensi dan tren yang dapat mempengaruhi keputusan berbelanja menjadi salah satu prioritas utama Shopee untuk dikembangkan melalui rangkaian interaktif.
Upaya ini bertujuan menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat, menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi secara real-time.
Serta konten visual kreatif lewat Shopee Live dan Shopee Video, yakni:
- Berbelanja melalui fitur live menjadi daya tarik utama di tahun 2024, dengan pengalaman berbeda dan menyenangkan.
Sesi Shopee Live menarik banyak perhatian, tercatat peningkatan transaksi lebih dari 49x lipat pada puncak 12.12.
Tingginya antusiasme ini membuka lebih besar peluang bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan performa dan penjualan.
- Shopee Video menjadi salah satu ruang kreasi bagi UMKM dan brand lokal memberi informasi menarik atas produknya melalui konten kreatif.
Semakin banyak pengguna yang memanfaatkan fitur ini, dapat dilihat pada puncak kampanye 12.12 yang mengalami peningkatan pesanan melalui Shopee Video mencapai 45x lipat dibandingkan hari biasa.
Shopee semakin percaya pentingnya sinergi antar-simpul pada ekosistem yang terintegrasi dapat berdampak lebih besar dalam menjembatani kebutuhan masyarakat dan inovasi dari UMKM dan brand lokal.
Shopee Affiliate Program turut hadir memberi kemudahan bagi pengguna melalui berbagi inspirasi produk, bahkan program menjadi ladang baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Shopee Affiliate Program didedikasikan untuk menawarkan ragam peluang untuk membantu penjual memperluas saluran promosi dengan berkolaborasi bersama para kreator.
Dilihat dari puncak kampanye 11.11 Big Sale, semakin banyak penjual yang merasakan manfaat dan keuntungan dari program afiliasi ini.
Tercatat peningkatan jumlah produk UMKM dan brand lokal yang dipromosikan melalui Shopee Affiliate sebanyak lebih dari 9x lipat.
Baca Juga: Kekurangan Menabung Emas dengan Cara Dicicil di Pegadaian, Wajib Tahu sebelum Mulai!
Bawa Produk UMKM dan Brand Lokal Menembus Pasar Dunia
Tak hanya mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, melalui ekosistem digital yang terintegrasi, Shopee membimbing para UMKM dan brand lokal di Kampus UMKM Shopee Ekspor agar piawai memahami tren pasar internasional.
Berinovasi menyesuaikan produk dengan kebutuhan dunia internasional dan mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi masa depan.
Lewat Program Shopee Ekspor, para UMKM dan brand lokal telah memanfaatkan setiap program di Shopee, di mana tercatat lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara.
Untuk memberi eksposur lebih bagi produk lokal, Shopee menghadirkan laman khusus bernama Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan sebagai wadah bagi produk-produk lokal unggulan.
Melalui laman ini, Shopee berinisiatif mengkurasi beragam koleksi berkualitas dari berbagai UMKM di Indonesia, untuk memberi kemudahan dan ruang lebih luas bagi pelaku usaha lokal dalam berkarya.
Langkah ini bertujuan membangkitkan rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap UMKM dan brand lokal yang berhasil mendatangkan lebih dari 25 juta pengguna yang mengunjungi Shopee Pilih Lokal sepanjang 2023.
Sebagai mitra setia UMKM dan brand lokal, kata Monica, Shopee akan terus menghadirkan lebih banyak inisiatif dan solusi digital yang inklusif.
Tujuannya, untuk menghubungkan jutaan produk lokal bermutu dan berkualitas tinggi menjadi pilihan hati masyarakat.
“Kami berharap dapat tercipta lebih banyak ruang dan peluang bagi para pelaku usaha lokal agar semakin inovatif dan berdaya, demi menciptakan lebih banyak produk lokal bermutu dan berkualitas tinggi,” tutup Monica.