GridFame.id - Pemerintah lewat PT PLN (Persero) menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA untuk meringankan dampak ekonomi dari virus corona (Covid-19) yang berjumlah 23.832.071 pelanggan.
Kebijakan listrik gratis 3 bulan berlaku untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.
Bagi pelanggan PLN listrik pra bayar, gratis dan diskon listrik bisa didapatkan dengan dua langkah mudah yakni lewat dua langkah, yakni lewat website www.pln.co.id dan WhatsApp ke nomor 08122-123-123 ( listrik gratis PLN).
Namun demikian, di media sosial, banyak pelanggan yang mengeluhkan tak bisa mengakses website PLN untuk mendapatkan token listrik gratis.
Sementara pelanggan yang sudah mengirimkan pesan teks WhatsApp juga belum mendapatkan jawaban atau respons.
Dikonfirmasi, Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdulah, mengakui memang pesan WhatsApp ke nomor 08122-123-123 belum bisa direspons dengan segera setelah pelanggan mengirimkan pesan teks.
"Tunggu saja Pak. Kalau Nggak bisa semoga besok atau lusa. Sabar," kata Dwi kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).
Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hal tersebut bukan diakibatkan kesalahan dari pihaknya.
Namun, menurutnya kesalahan disebabkan oleh pihak Whatsapp.
Ia menjelaskan, saat ini Whatsapp sedang melakukan perbaikan dan pengembangan server untuk mengantisipasi tingginya traffic terhadap kontak yang telah disediakan PLN.
"Untuk nomor Whatsapp memang hari ini medapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN-nya, tapi dari pihak Whatsapp yang sedang mengupgrade servernya, karena memang traffic-nya akan sangat tinggi," tuturnya dalam video conference, Jumat.
Proses upgrade ini disebut akan memakan waktu beberapa hari. Dengan demikian, Darmawan memproyeksikan klaim token gratis melalui Whatsapp dengan nomor 08122-123-123 baru bisa dilakukan Senin (6/4/2020) mendatang.
"Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin, hari ini masih sedang dalam tahap perbaikan. Bukan dari PLN nya, tetapi dari server pihak Whatsapp dengan Facebook," ujar Darmawan.
Untuk sementara waktu, pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis dapat melakukan klaim melalui website resmi PLN.
Adapun cara melakukan klaim melalui website adalah sebagai berikut :
1. Buka laman www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pengumuman! Klaim Token Listrik Gratis Lewat WhatsApp Baru Bisa Dilakukan 6 April
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar