GridFame.id - Belakangan sempat banyak keluhan masyarakat soal melonjaknya tagihan listrik di rumah.
Hal ini mulai terjadi semenjak adanya imbauan untuk di rumah saja atau work from home untuk mengatasi pandemi virus corona yang sedang melanda Indonesia.
Sejumlah warganet yang mengeluhkan hal itu mengaku sudah menghemat penggunaan listrik, dan pemakaiannya sama seperti bulan-bulan sebelumnya.
Hal ini pun sempat ramai di media sosial hingga viral adanya lonjakan signifikan pada tagihan listrik pelanggan ini.
Mengutip Kompas.com, PLN telah merespons banyaknya keluhan yang disampaikan konsumen soal kenaikan tagihan listrik yang dialami pelanggan listrik non-subsidi.
Saat dikonfirmasi, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka, mengatakan, tidak ada kenaikan tarif listrik selama 2 tahun terakhir.
"Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan, sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan," kata Made Suprateka dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Minggu (3/5/2020).
Meski begitu, masih saja ada yang mengeluhkan adanya kenaikan tagihan listrik yang diterimanya.
Untuk itu, PLN pun melakukan berbagai upaya yang mempermudah para pelanggannya.
Salah satunya dengan mengecek sendiri pemakian listrik secara mandiri.
Hal ini diungkapkan lewat unggahan di Instagram resmi PLN @pln_id/
"Yuk mulai sekarang cek pemakaian listrikmu secara mandiri ????
Hai Electrizen,
Di zaman yang serba canggih dan mudah ini, PLN juga memberi kemudahan untuk cek tagihan listrik sekalian penggunaan kWh meter kalian sambil santai #dirumahaja," tulis akun tersebut.
Sekarang masyarakat pun bisa memastikan adanya kecocokan antara penggunaan dan tagihan listrik yang diberikan dengan mudah.
Baca Juga: Ampuh Atasi Bibir Pecah-Pecah, Obat Rumahan Ini Bisa Jadi Masker Alami
"Sekarang, untuk memastikan apakah tagihan listrik sudah sesuai dengan pemakaian daya listrik, Electrizen dapat mengeceknya secara mandiri melalui aplikasi PLN Mobile loh.
Nah, cek postingan mimin ya untuk tahu langkah-langkah cek tagihan & penggunaan listrik bulanan sobat di PLN Mobile. Ada yang sudah menggunakan aplikasi PLN Mobile? Yang belum download yuk! Dapat diunduh di Google Play Store dan juga App Store ya!
#PowerBeyondGenerations #ListrikUntukSemua #ListrikUntukRakyat," tambahnya.
Caranya pun mudah hanya dengan melakukan pengecekan lewat PLN Mobile.
Berikut cara melakukan pengecekan tagihan listrik secara mandiri via PLN Mobile.
1. Download Aplikasi PLN Mobilie di Play Store atau App Store.
2. Setelah terinstal, buka aplikasi dan pilih 'login' untuk masuk.
3. Apabila belum memiliki akun, pilih 'Daftar' untuk registrasi.
4. Isi data diri; seperti nama, ID pelanggan, lokasi, nomor ponsel, dan lain-lain.
5. Setelah berhasil, pilih tab 'informasi' pada pilihan menu.
6. Pilih 'Informasi Tagihan dan Token Listrik'.
7. Akan muncul grafik pemakian listrik dan tagihan per bulan.
Nantinya akan muncul grafik yang menunjukkan jumlah kWh yang digunakan tiap bulan serta nominal tagihannya.
Gambar ini ditunjukkan degan grafik berwarna kuning dan hijau.
Grafik garis berwarna kuning menunjukkan pemakian listrik (kWh) per bulan.
Sedangkan untuk grafik garis berwarna hijau menunjukkan jumlah tagihan tiap bulan dalam rupiah.
Nah, cukup mudah bukan?
Untuk layanan pelanggan serta pengaduan, Anda bisa langsung menghubungi call center PLN 123.
Atau bisa langsung kunjungi situs resmi PLN di www.pln.co.id juga lewat media sosial mereka.
Source | : | Kompas.com,Instagram,pln.co.id |
Penulis | : | Maharani Kusuma Daruwati |
Editor | : | Maharani Kusuma Daruwati |
Komentar