GridFame.id - Jangan khawatir dulu jika akun Tokopedia terkena moderasi.
Tokopedia bisa saja melakukan moderasi terhadap toko-toko yang dianggap telah melanggar syarat dan ketentuan.
Moderasi yang berulang akan menyebabkan toko dimoderasi permanen dan tidak bisa dibuka kembali.
Namun kita bisa menunggu hasil pengecekan melalui email selama 1x24 jam.
Silakan cek email yang terdaftar di Tokopedia untuk menemukan alasan toko kamu dimoderasi.
Berikut detail email dengan subject:
Tokopedia berwenang untuk menutup toko/akun pengguna baik sementara maupun permanen apabila ditemukan kecurangan dan melanggar syarat dan ketentuan.
Untuk informasi mengenai penyebab toko dimoderasi dan cara supaya dapat buka toko kembali, dapat kamu simak di bawah ini.
Menjual produk yang dilarang atau mengandung konten yang tidak memenuhi standar dalam Syarat dan Ketentuan Tokopedia.
Contoh: Toko menjual produk-produk senjata api.
Baca Juga: Mau Ganti Nomor HP di Tokopedia? Simak yang Satu Ini Dulu, Jangan Sampai Saldo Malah Lenyap!
Agar kepercayaan antara penjual dan Pembeli terjaga dengan baik, seluruh proses jual beli harus dilakukan di Tokopedia.
Adalah tidak boleh mengajak Pembeli untuk bertransaksi di luar Tokopedia.
Proses transaksi di Tokopedia lebih mudah dan aman baik dari sisi Penjual dan Pembeli.
Contoh: Mengajak calon Pembeli untuk bertransaksi lewat saluran pribadi atau Whatsapp.
Untuk menjaga identitas dan kerahasiaan data Pembeli, Penjual tidak diperbolehkan untuk menggunakan data Pembeli seperti alamat atau nomor telepon untuk kepentingan lain selain pengiriman.
Tokopedia selalu berupaya untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang baik sehingga Penjual tidak perlu untuk menghubungi Pembeli melalui kontak pribadi.
Kita dapat menghubungi calon Pembeli melalui fitur Chat yang disediakan.
Adanya indikasi manipulasi transaksi melalui penjualan tinggi yang mencurigakan, tidak adanya resi pengiriman yang valid, dan ketidakwajaran lainnya demi memperoleh keuntungan pribadi (promo, reputasi produk, reputasi toko, dan lain-lain).
Indikasi manipulasi ini juga termasuk kerja sama antara penjual dan Pembeli untuk memanipulasi transaksi guna mendapatkan keuntungan promo yang merugikan Tokopedia.
Contoh: Toko yang baru buka, tetapi langsung memiliki banyak produk dan sudah melakukan puluhan transaksi.
Baca Juga: Jangan Panik, Begini Cara Membatalkan Pesanan COD di Tokopedia
Sebagai Penjual, tidak boleh meminta kode verifikasi, password, atau upaya lain yang dapat merugikan Pembeli.
Aktivitas seperti itu akan diduga sebagai indikasi untuk menipu Pembeli.
Contoh: Penjual meminta kode verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
Penjual terindikasi meniru produk toko lain dengan deskripsi, judul, atau gambar yang sama/serupa.
Contoh: Penjual membuat satu atau lebih toko yang mengandung deskripsi dan gambar produk serupa dengan toko lainnya.
Moderasi toko juga dapat terjadi akibat performa toko yang buruk.
Aktivitas yang dapat membuat performa toko buruk antara lain toko sering menolak pesanan, memasukkan jumlah stok produk yang tidak sesuai, atau hal lain yang mengakibatkan pengalaman Pembeli yang buruk saat bertransaksi di Tokopedia.
Contoh: Menulis jumlah tertentu pada keterangan stok barang padahal sebenarnya kosong.
Baca Juga: Kenapa Tidak Dapat Cashback GoPay Saat Belanja di Tokopedia? Begini Solusinya, Jangan Panik Dulu!
Adanya indikasi toko berhubungan dengan akun-akun mencurigakan yang melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia, serta berpotensi digunakan sebagai sarana manipulasi.
Contoh: Akun memiliki deskripsi toko yang tidak jelas.
Sebagai penjual di Tokopedia pastikan terlebih dahulu bahwa telah mengikuti syarat dan ketentuan Tokopedia dan tidak menjual produk yang dilarang oleh Tokopedia.
Jika toko melanggar ketentuan-ketentuan Tokopedia sehingga dimoderasi, bisa mengaktifkannya kembali dengan cara berikut:
1. Pastikan toko sudah tidak menjual produk yang melanggar
2. Klik Mohon Buka pada halaman toko
3. Isi kolom keterangan dengan menuliskan permohonan untuk membuka toko kembali
4. Klik Simpan
5. Kemudian bisa menunggu informasi hasil pengecekan pada inbox Pesan Bantuan maksimal 1x24 Jam
Baca Juga: Begini Cara Bayar GoPayLater Cicil di Tokopedia Tanpa Ribet!
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar