GridFame.id - Janan biarkan listrik di rumah padam.
Isi ulang token listrik kini jauh lebih mudah dan praktis.
Selain cara mengisi token listrik ke dalam meteran, Anda juga perlu mengetahui cara membeli token listriknya.
PLN telah bekerja sama dengan berbagai macam pihak untuk memudahkan pelanggannya dalam membeli kode token listrik dengan mudah dan praktis.
Ya, beli token listrik kini bisa dilakukan secara online.
Ada banyak aplikasi yang memfasilitasi beli token listrik secara online, salah satunya LinkAja.
Sayangnya beberapa orang mungkin mengalami kendala saat beli token listrik pakai LinkAja.
Beberapa pengguna juga mengeluh selalu gagal saat mengisi token listrik lewat LinkAja.
Tak sedikit pula yang khawatir saldo mereka akan hilang jika proses pembelian terus gagal.
Jangan takut, ternyata ada penyebab dan cara mengatasi masalah ini.
Simak informasi lengkapnya berikut ini.
Baca Juga: Keamanan Saldo Terjamin! Ini Dia Dua Cara Cepat dan Mudah Reset PIN LinkAja
Dilansir dari laman resmi linkaja.id, berikut ini penyebab dan cara mengatasi gagal beli token listrik di LinkAja:
Kesalahan umum yang sering terjadi yang bisa mengakibatkan gagal isi ulang adalah salah input nomor token, dua puluh digit nomor token memang bukan hal yang mudah untuk diinput.
Oleh karena itu, Anda harus memastikan nomor yang diinput telah benar-benar sesuai, hal ini perlu dilakukan agar menghindari gagal isi atau bahkan risiko MPB terblokir karena salah input kode token tiga kali berturut-turut.
Pada saat pemasangan MPB, PLN telah mengatur batas maksimum kWh per bulannya, jika MPB-nya telah mencapai batas maksimum yang telah ditentukan, input token listrik pun akan mengalami kegagalan.
Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui limit kWh kepada petugas PLN agar situasi ini bisa dihindari.
Selain dua penyebab di atas, kondisi jaringan server PLN yang mengalami gangguan juga bisa menyebabkan gagal isi token listrik.
Baca Juga: Mudah, Murah dan Banyak Promo Diskon! Begini Cara Pesan Hotel dan Travel Lewat LinkAja
Gangguan ini bisa disebabkan koneksi yang tidak stabil atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem oleh PLN, saat situasi ini terjadi, Anda hanya bisa menunggu sampai jaringan server PLN pulih dan bisa digunakan.
Saat ingin mengisi token listrik, pastikan terlebih dahulu jaringan server ini dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan, normalnya, PLN akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu jika server sedang ada gangguan atau sedang dilakukan pemeliharaan sistem.
Kondisi instalasi listrik juga perlu diperhatikan saat ingin mengisi token listrik, instalasi listrik yang kurang baik atau ada gangguan bisa membuat gagal isi ulang.
Jangan memaksakan menginput kode token saat situasi ini terjadi karena bisa menyebabkan korsleting listrik.
Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi MPB-nya, jika terdapat pesan “Blocked” atau lambang telapak tangan, artinya mesin MPB dalam kondisi rusak dan tidak bisa diisi dengan kode token.
Jika cara di atas telah dilakukan dan token tetap gagal terisi, segera hubungi customer service PLN melalui nomor 123.
Selain itu, Anda juga bisa menghubungi saluran lainnya melalui media sosial resmi PLN atau melalui aplikasi PLN Mobile, hindari risiko kerusakan lebih jauh untuk menghindari korsleting listrik.
Source | : | Linkaja.id |
Penulis | : | Nindy Nurry Pangesti |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar