GridFame.id – Bagi Anda pelanggan Tokopedia, ketentuan mengenai cara mengajukan pengembalian barang wajib diketahui.
Saat ini memang sangat banyak aplikasi belanja online yang digunakan salah satunya Tokopedia.
Meski demikian beberapa pengguna mungkin pernah mengalami kendala yang sama saat berbelanja barang.
Salah satunya kecewa terhadap barang pesanan di Tokopedia yang tidak sesuai yang diminta.
Namun Anda tak perlu khawatir, pasalnya Anda bisa memproses pengembalian barang ke Tokopedia jika barang tidak sesuai pesanan,
Pelanggan bisa mengakukan komplain melalui Tokopedia jika barang yang Anda beli rusak atau tidak sesuai.
Bahkan Anda bisa juga memilih cara refun jika barang tak sesuai dengan yang diminta.
Berikut ini kami rangkumkan tahapan untuk cara pengembalian barang Tokopedia jika tidak sesuai pesanan hingga uang kembali 100 persen.
Simak yuk!
Terdapat 2 pilihan yang bisa Anda lakukan dalam pengembalian barang di Tokopedia akni pengembalian dana atau retur barang (ganti produk).
Hal ini disepakati antara pembeli dan penjual.
Caranya buka aplikasi Tokopedia dan pilih notifikasi atau icon linceng yang ada di atas.
Masuk pada halaman ‘Transaksi’ lalu pilih ‘Tiba di Tujuan’
Silahkan pilih barang barang pesanan yang akan diajukan pengembalian
Klik ‘Ajukan komplain’
Langkah selanjutnya pilih sesuai dengan permasalahan yang sedang Anda hadapi yakni memilih 3 opsi (barang tidak lengkap, produk rusak atau tidak sesuai deskripsi).
Lanjut
Tambahkan keluhan Anda dan unggah bukti berupa foto atau video dan klik ‘Simpan’
Anda bisa cek kembali informasi pengajuan kliam tersebut.
Jika Anda ingin ganti barang baru tidak perlu mencentang kalimat yang berisi pengembalian dana, namun jika sebaliknya silahkan dicetang.
Jika sudah klik ‘Ajukan Komplain’
Selesai, proses komplain akan diteruskan ke penjual untuk mendapatkan konfirmasinya.
Source | : | Tokopedia |
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar