GridFame.id - Pastinya Anda masih ingat dengan kasus yang sempat jadi perhatian yakni pesanan senilai Rp28,7 juta di Tokopedia tidak sampai ke tangan pembeli.
Hal itu lantas membuat media sosial ramai karena si pembeli menuliskan pengalamannya di media sosial.
Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia, memberikan pernyataan terkait perkembangan kasus ini.
Tokopedia pun langsung menelusuri kasus ini.
Dikatakannya, Ibu Anita melakukan pembelian genteng senilai Rp28,7 juta pada 14 Februari 2023 menggunakan pengiriman same-day dengan motor.
Pesanan Ibu Anita sudah terselesaikan secara otomatis.
Hal ini terjadi karena sampai batas waktu konfirmasi penerimaan pesanan berakhir, yaitu 2x24 jam setelah pesanan diterima, Ibu Anita tidak mengajukan komplain.
Setelah berkoordinasi dengan tim terkait, Tokopedia tidak menemukan adanya kesalahan sistem.
Dari proses investigasi, ditemukan informasi bahwa penjual akan melakukan pengiriman dengan kurir yang tidak seharusnya atau kurir yang tidak terhubung dengan sistem Tokopedia.
Tokopedia juga telah memoderasi/menonaktifkan toko terkait secara permanen karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan, seperti memfasilitasi pengiriman di luar sistem Tokopedia.
Tokopedia sudah berusaha membuka komunikasi dengan pihak pembeli dan menyarankan untuk melaporkan kasus ini ke polisi dimana pihak Tokopedia akan kooperatif dan mendukung proses pelaporan tersebut.
Tetapi sampai saat ini, Ibu Anita belum merespon saran dengan baik dan tidak melakukan pelaporan kepada pihak kepolisian.
Baca Juga: Tak Bisa COD Saat Check Out di Tokopedia? Bisa Jadi Akun Anda Bermasalah di Sini Nih!
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar