GridFame.id - Durasi atau frekuensi kunjungan oleh debt collector (agen penagihan) dari pinjaman online (pinjol) ke rumah debitur dapat bervariasi.
Tergantung pada kebijakan perusahaan pinjol, tingkat keterlambatan pembayaran, dan hukum yang berlaku di wilayah tempat pinjol beroperasi.
Biasanya, praktik penagihan pinjol yang wajar akan mencakup beberapa tahap, dan kunjungan ke rumah debitur mungkin merupakan salah satu langkah dalam proses tersebut.
Pinjol akan menghubungi debitur secara telepon, pesan teks, atau email untuk memberitahu mereka tentang keterlambatan pembayaran dan mendesak mereka untuk segera membayar.
Jika tidak ada tanggapan dari debitur setelah beberapa kali kontak, pinjol mungkin akan mengirimkan pemberitahuan tertulis tentang tagihan yang belum terbayar, beserta informasi tentang biaya keterlambatan dan denda.
Apabila upaya pemberitahuan lewat telepon dan surat belum berhasil, pinjol dapat mengirimkan agen penagihan untuk mengunjungi rumah debitur.
Kunjungan ini bertujuan untuk mengingatkan secara langsung tentang utang yang belum dibayar dan mendorong debitur untuk menyelesaikan pembayaran.
Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah penagihan ini harus dilakukan dengan mematuhi hukum dan etika yang berlaku dalam praktik penagihan.
Setiap negara atau wilayah memiliki peraturan yang mengatur tindakan agen penagihan dan melindungi hak-hak konsumen.
Agen penagihan tidak diizinkan menggunakan ancaman, kekerasan, atau metode penagihan yang tidak wajar dalam upaya mereka untuk mendapatkan pembayaran.
Jika lewat 90 hari masih tak ada kejelasan pembayaran, ini yang akan dilakukan pinjol debgan debt collector lapangannya.
Baca Juga: Sepele tapi Banyak yang Gak Sadar, Ini 5 Penyebab Utang Pinjol Gak Kelar-Kelar
Penulis | : | Nindy Nurry Pangesti |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar