GridFame.id - Apakah Anda mau membeli franchise brand kopi kekinian ternama di Indonesia?
Kalau ya, simak informasi yang satu ini dulu ya!
Tren bisnis franchise kedai kopi di Indonesia masih terus berkembang hingga saat ini.
Hal itu terbukti dari banyaknya merk kopi baru yang masih saja bersinar meski kini sudah banyak coffee shop yang ada.
Sebut saja Kopi Kenangan, Tomoro Coffee, Janji Jiwa, dan lain-lain.
Yang perlu dipertimbangkan adalah karena merk kopi ini memiliki keunggulan masing-masing.
Tapi tepatkah membeli franchise kopi saat sudah banyak franchise kopi yang beredar?
Sebelum memutuskan untuk membeli franchise kedai kopi, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.
Pertama, pastikan bahwa lokasi kedai kopi yang akan dibuka strategis dan memiliki potensi pasar yang besar.
Kedua, pastikan bahwa produk yang ditawarkan memiliki keunikan dan kualitas yang baik agar dapat bersaing dengan coffee shop lainnya.
Ketiga, pastikan bahwa biaya investasi yang dikeluarkan sesuai dengan keuntungan yang diharapkan.
Baca Juga: Simak 6 Ciri-ciri Franchise yang Tak Bikin Untung Malah Merugikan
Keempat, pastikan bahwa manajemen bisnis kedai kopi yang akan dibuka memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup untuk menjalankan bisnis tersebut.
Batu sandungan yang mungkin dihadapi dalam membeli franchise kedai kopi adalah persaingan yang semakin ketat dengan coffee shop lainnya, biaya investasi yang tinggi, dan kurangnya pengalaman dalam mengelola bisnis kedai kopi.
Hal tersebut bisa membuat franchise kopi yang kita beli berumur lebih pendek daripada franchise lain dengan merk yang sama.
Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli franchise kedai kopi, pastikan bahwa Anda telah mempertimbangkan dengan matang faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.
Untuk memilih lokasi kedai kopi yang strategis, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.
Pertama, pastikan bahwa lokasi kedai kopi yang akan dibuka mudah dilihat dari segala sisi dan berada di lokasi yang strategis.
Lokasi yang strategis biasanya berada di pojok sudut perempatan dan lokasinya terbuka.
Ada beberapa kedai kopi yang sudah menerapkan teknik tersebut dan terbukti ramai dikunjungi pelanggan.
Kedua, pastikan bahwa lokasi kedai kopi yang akan dibuka dekat dengan target pasar.
Apabila target pasar Anda adalah anak-anak muda yang suka foto-foto untuk diunggah di Instagram dan media sosial lainnya, maka lokasi kedai kopi yang paling tepat berada di dekat sekolah SMP, SMA, SMK, tempat les, bimbingan belajar, kampus, hingga mall.
Berbeda bila target pasar Anda berupa orang dewasa yang benar-benar pecinta kopi, maka lokasi yang bagus berada di sekitar perkantoran, tempat meeting, hotel, tempat perbelanjaan, tempat wisata, tempat olahraga atau gym, dan lain-lain.
Baca Juga: Modalnya Tak Sampai Rp 10 Juta! Ini Cara Daftar Jadi Mitra Teh Poci
Ketiga, pastikan bahwa lokasi kedai kopi yang akan dibuka dekat dengan jalan raya dan mudah diakses oleh pengunjung.
Akses menuju lokasi kedai kopi harus mudah dan dapat dilalui semua kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Pastikan pula, tempat tersebut memiliki area parkir yang memadai.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Sebagian isi artikel ini ditulis dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.
Baca Juga: Apakah Harus Lulusan Farmasi? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Beli Franchise Apotek
Source | : | Copilot (AI) |
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar