GridFame.id - Yang mau mudik Lebaran besok harus bersiap nih!
Soalnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah memberlakukan sistem baru untuk beli tiket kereta.
Sistem ini merupakan sistem queue atau antrean untuk pembelian tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) secara online yang mulai diberlakukan 1 Februari 2024.
Jika dilihat, sistem ini mirip seperti sistem antrean pada web ketika membeli tiket konser secara online.
Jadi ketika calon penumpang masuk dalam antrean, maka halaman pembelian tiket akan menampilkan hitung mundur perkiraan waktu tunggu untuk pemesanan tiket kereta api.
Hal ini membuat kita harus cepat-cepat booking karena antrean yang sudah duluan akan mendapat tiket terlebih dulu.
Untuk itu, bagi yang sudah merencanakan mudik untuk Lebaran besok, ada baiknya cepat-cepat menentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan supaya tidak kehabisan tiket.
Dilansir dari Kompas.com, Joni Martinus selaku VP Public Relations KAI mengatakan, sistem antrean ini hanya diberlakukan pada pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dan web kai.id.
Tujuannya adalah agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan.
Khususnya pada saat-saat peak season seperti liburan Lebaran atau Natal dan tahun baru (nataru).
Pada saat peak season biasanya terjadi kepadatan pemesanan tiket.
Maka calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu.
Selama antrean ini berlangsung, calon penumpang disarankan untuk tidak menutup jendela tersebut agar tetap terhubung dengan sistem.
Nah, pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa.
"Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan pada tanggal 1 Februari 2024," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/2/2024).
Joni bilang, penerapan sistem antrean pafa KAJJ ini merupakan salah satu inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.
Salah satunya dengan menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.
"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data dan informasi," ucapnya.
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar