Find Us On Social Media :

Kapal Asing di Laut Natuna, Susi Pudjiastuti Beri Sindiran Keras Pada Para Menteri: 'Persahabatan dan Investasi Bukan Pencurian Ikan'

Susi Pudjiastuti - Prabowo

 

GridFame.id - Belakangan polemik soal illegal fishing atau pencurian ikan sedang marak jadi perbincangan.

Kapal asing kini tengah marak berada di perairan Laut Natuna.

Banyaknya kapal asing ini disebut-sebut untuk mengambil ikan di perairan milik negeri ini.

Tegangnya masalah ini, nampaknya ditanggapi santai oleh para petinggi negeri.

Mengutip dari Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar maraknya kapal asing di perairan Natuna, Kepulauan Riau tidak dibesar-besarkan.

Baca Juga: Bersahabat Lama dengan Sule, Andre Taulany Ungkap Hal Ini Saat Tahu Lina Meninggal

Meski begitu, masuknya kapal ikan asing ke perairan Natuna dinilai menjadi peringatan bagi Indonesia untuk lebih memperketat pertahanan serta pengawasan.

"Sebenarnya enggak usah dibesar-besarin lah. Soal kehadiran kapal itu (di Natuna), sebenarnya kita juga kekurangan kemampuan kapal untuk melakukan patroli di ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif)," ujar Luhut di Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Serupa dengan Luhut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memastikan, adanya penangkapan tiga kapal asing asal China yang melalui ZEE Perairan Natuna di Kepulauan Riau, tidak akan menghambat investasi dengan China.

"Kita cool saja, kita santai," ucapnya Prabowo.

Namun, persoalan adanya tiga kapal asing asal China tersebut, pihaknya masih membahas untuk mencari suatu solusi dengan kementerian lain.