Find Us On Social Media :

Masih Rasakan Tagihan Listrik Melonjak? Begini Cara Cek Sendiri Tagihan via PLN Mobile

Tagihan listrik jangan sampai melonjak, begini cara mensiasatinya.

GridFame.id  - Belakangan sempat banyak keluhan masyarakat soal melonjaknya tagihan listrik di rumah.

Hal ini mulai terjadi semenjak adanya imbauan untuk di rumah saja atau work from home untuk mengatasi pandemi virus corona yang sedang melanda Indonesia.

Sejumlah warganet yang mengeluhkan hal itu mengaku sudah menghemat penggunaan listrik, dan pemakaiannya sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

Hal ini pun sempat ramai di media sosial hingga viral adanya lonjakan signifikan pada tagihan listrik pelanggan ini.

Baca Juga: Istrinya Masih Terus Dihujani Hujatan, Chat Nakal Suami Indira Kalistha Pada Selebgram Lain Justru Tiba-tiba Tersebar

Baca Juga: Lama Tak Muncul, Rano Karno Mendadak Bagikan Kabar Duka Kondisi Atun Si Doel: 'Doain Saja dari Rumah'

Mengutip Kompas.com, PLN telah merespons banyaknya keluhan yang disampaikan konsumen soal kenaikan tagihan listrik yang dialami pelanggan listrik non-subsidi.

Saat dikonfirmasi, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka, mengatakan, tidak ada kenaikan tarif listrik selama 2 tahun terakhir.  

"Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan, sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan," kata Made Suprateka dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Minggu (3/5/2020).

Meski begitu, masih saja ada yang mengeluhkan adanya kenaikan tagihan listrik yang diterimanya.

Untuk itu, PLN pun melakukan berbagai upaya yang mempermudah para pelanggannya.

Salah satunya dengan mengecek sendiri pemakian listrik secara mandiri.

Hal ini diungkapkan lewat unggahan di Instagram resmi PLN @pln_id/

"Yuk mulai sekarang cek pemakaian listrikmu secara mandiri ????Hai Electrizen,Di zaman yang serba canggih dan mudah ini, PLN juga memberi kemudahan untuk cek tagihan listrik sekalian penggunaan kWh meter kalian sambil santai #dirumahaja," tulis akun tersebut.

Sekarang masyarakat pun bisa memastikan adanya kecocokan antara penggunaan dan tagihan listrik yang diberikan dengan mudah.

Baca Juga: Siratkan Siap Kembali Hidup Normal, Jumlah Kasus & Angka Kematian di Jawa Barat Menurun Drastis Jelang 2 Minggu PSBB, Ternyata Ini Rahasia yang Dilakukan Ridwan Kamil

Baca Juga: Ampuh Atasi Bibir Pecah-Pecah, Obat Rumahan Ini Bisa Jadi Masker Alami

"Sekarang, untuk memastikan apakah tagihan listrik sudah sesuai dengan pemakaian daya listrik, Electrizen dapat mengeceknya secara mandiri melalui aplikasi PLN Mobile loh.Nah, cek postingan mimin ya untuk tahu langkah-langkah cek tagihan & penggunaan listrik bulanan sobat di PLN Mobile. Ada yang sudah menggunakan aplikasi PLN Mobile? Yang belum download yuk! Dapat diunduh di Google Play Store dan juga App Store ya!#PowerBeyondGenerations #ListrikUntukSemua #ListrikUntukRakyat," tambahnya.

Caranya pun mudah hanya dengan melakukan pengecekan lewat PLN Mobile.

Berikut cara melakukan pengecekan tagihan listrik secara mandiri via PLN Mobile.

1. Download Aplikasi PLN Mobilie di Play Store atau App Store.

2. Setelah terinstal, buka aplikasi dan pilih 'login' untuk masuk.

3. Apabila belum memiliki akun, pilih 'Daftar' untuk registrasi.

4. Isi data diri; seperti nama, ID pelanggan, lokasi, nomor ponsel, dan lain-lain.

5. Setelah berhasil, pilih tab 'informasi' pada pilihan menu.

6. Pilih 'Informasi Tagihan dan Token Listrik'.

7. Akan muncul grafik pemakian listrik dan tagihan per bulan.

Baca Juga: Hampir Tiap Hari Duduk Berhadapan, Mieke Amalia Ungkap Duka Meninggalnya Aktor Senior Henky Solaiman: 'Suka Heran dan Gemes Sendiri...'

Baca Juga: Abaikan Firasatnya Sendiri, Mbak You Harus Telan Pil Pahit hingga Alami Hal Mengerikan: 'Kaki Saya Melepuh-melepuh...'

Nantinya akan muncul grafik yang menunjukkan jumlah kWh yang digunakan tiap bulan serta nominal tagihannya.

Gambar ini ditunjukkan degan grafik berwarna kuning dan hijau.

Grafik garis berwarna kuning menunjukkan pemakian listrik (kWh) per bulan.

Sedangkan untuk grafik garis berwarna hijau menunjukkan jumlah tagihan tiap bulan dalam rupiah.

Nah, cukup mudah bukan?

Untuk layanan pelanggan serta pengaduan, Anda bisa langsung menghubungi call center PLN 123.

Atau bisa langsung kunjungi situs resmi PLN di www.pln.co.id juga lewat media sosial mereka.