Find Us On Social Media :

Banyak Digemari di Indonesia, Jamur Enoki Disebut Jadi Penyebab Wabah Listeria hingga Ditarik dari Peredaran, Begini Hasil Investigasi Kementan

Jamur enoki.

GridFame.id - Baru-baru ini jamur enoki dikaitkan dengan munculnya wabah listeria.

Pemerintah mendapatkan informasi  dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) melalui Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengkonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan.

Jamur enoki asal Korea Selatan itu disebut tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

Baca Juga: Pernikahan Baru Seumur Jagung, Emosi Baim Wong Meledak hingga Pilih Keluar dari Rumah dan Tinggalkan Paula Verhoeven: 'Ampun-ampun!'

INFOSAN merupakan jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng, mengatakan, BKP telah melakukan investigasi menindaklanjuti informasi tersebut.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/6/2020), disebutkan, pada 21 April 2020 dan 26 April 2020, petugas Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP) Kementan memeriksa sampe dari importis yang memperoleh produk jamur enoki asal produsen Korea Selatan yang dinotifikasi oleh INFOSAN.