GridFame.id- Simak cara terbaru prosedur pengembalian barang dari Shopee Mall yang tidak sesuai pesanan.
Seperti diketahui, Shopee merupakan salah satu market place yang paling banyak diminati.
Bukan hanya anak muda, Shopee sendiri banyak menyajikan produk-produk menarik sehingga banyak disukai masyarakat.
Meskipun begitu, sebagian pembeli terkadang mengalami beberapa kondisi saat melakukan transaksi melalui Shopee.
Salah satu kejadian yang sering ditemui adalah pembeli menerima barang yang tidak sesuai dengan yang dipesan melalui Shopee.
Lantas apakah bisa produk yang tak sesuai pesanan dapat ditukar kembali?
Baca Juga: Berikut Info Loker Shopee di Solo dan Cara Masukkan Apply Lamaran
Sebenarnya Shopee tidak menyediakan penukaran produk antara penjual dan pembeli.
Jika pembeli tidak puas dengan produk Shopee Mall yang diterima, maka dapat mengembalikannya ke penjual barang.
Ataupun setelah mengembalikan, Anda dapat membeli kembali produk yang Anda Inginkan.
Perlu diketahui, pengajuan pengembalian barang dan dana bisa dilakukan apabila:
1. Produk yang Anda terima rusak, cacat, atau tidak berfungsi dengan baik dan;
2. Produk tidak sesuai pesanan/berbeda dengan deskripsi atau foto di etalase toko kesepakatan bersama dengan penjual;
Baca Juga: Info Terbaru Oktober! Scan PeduliLindungi Kini Bisa Melalui Gojek dan Shopee, Berikut Caranya
Prosedur pengembalian barang Shopee Mall:
1. Ajukan permintaan pengembalian barang/dana pada aplikasi Shopee
2. Pada alasan pengembalian barang/dana Anda
3. Anda mungkin diminta untuk memilih opsi pengiriman (pick up, antar ke counter, jasa kirim lain/atur sendiri) untuk mengatur pengembalian barang sebelum Anda mengirimkan paket Anda
4. Penjual dapat menawarkan pengembalian dana penuh atau sebagian kepada Anda sebelum Anda mengirimkan produk.
5. Jika Penjual menawarkan pengembalian dana penuh kepada Anda atau jika Anda menerima tawaran pengembalian dana sebagian dari Penjual, Anda tidak akan diminta untuk mengembalikan produk.
6. Anda dapat mendiskusikan dan mengubah jumlah pengembalian dana yang diajukan oleh Penjual.
7. Jika Anda tidak ingin menerima tawaran pengembalian dana sebagian dari Penjual.
8. Anda dapat melanjutkan proses pengembalian untuk menerima pengembalian dana penuh atau membatalkan permintaan.
9. Setelah produk yang dikembalikan telah diterima dan diperiksa di Gudang Shopee.
10. Shopee akan memproses permintaan tersebut dan memberikan pengembalian dana kepada Anda.
***