GridFame.id- Terkadang beberapa peserta megeluhkan kendala terkait insentif gagal cair hampir di seluruh e-wallet yang tersedia.
Beberapa e-wallet yang sering dikeluhkan terkait gagal cair yakni Ovo, GoPay hingga Link Aja.
Bahkan beberapa peserta Kartu Prakerja terpantau mengajukan aduan gagal cair yang disampaikan melalui kolom komentar salah satu unggahan di Instagram resmi @prakerja.go.id.
@luckyyrusticana: Tetanggaku gelombang 20, insentif 2 sudah cair. Katanya barusan pake e-wallet Linkaja. Aku juga gel 20, insentif 2 belum cair, malah ada notif gagal dicairkan dan e-wallet yg kupake OVO, tapi status di jadwal insentif sedang diproses.
eghii: gelombang 19 insentif ke 3, kok ada notif "gagal cair" sedangkan statusnya "sedang diproses". apakah dari ewallet ato emg prakerja lgi ada gangguan?
wahyuainunhabibah: Gagal cair mulu nih insentif ke 3. Knapa ya min
Maka dari itu, bagi peserta yang belum paham solusinya, simak artikel ini hingga habis untuk mengetahui langkah yang harus dilakukan.
Sebelum mengetahui solusi yang akan diberikan pihak penyelenggara, sebaiknya Anda perlu mengerti alasan mengapa insentif Prakerja gagal cair.
Beberapa alasan gagalnya pencairan intensif Prakerja antara lain:
1. Belum mengisi ulasan atau review pelatihan di dashboard;
2. Belum memberikan penilaian atau rating pelatihan di dashboard;
3. Nomor rekening atau akun e-wallet yang didaftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif;
4. Akun e-wallet belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto);
5. Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun;
Solusi pihak Prakerja
Terkait hal tersebut, pihak Kartu Prakerja membalas dan memberikan solusi.
Admin @prakerja.go.id menyarankan agar peserta kartu Prakerja menghubungi kontak pengaduan yang tersedia.
"@luckyyrusticana mohon dpt menghubungi contact center Prakerja, ya. Terima kasih," jawab admin Kartu Prakerja.
Namun, kontak pengaduan tersebut disesuaikan dengan rekening dan e-wallet yang digunakan oleh penerima Kartu Prakerja.
1. Kontak pengaduan BNI 46 : 1500046
2. Kontak pengaduan GOPAY : customerservice@gojek.com
3. Kontak pengaduan OVO : 1500696
4. Kontak pengaduan Link Aja : 150911
5. Kontak pengaduan DANA : 1500445
6. Kontak pengaduan Kartu Prakerja : 0800 150 3001
Sementara itu, jika pencairan intensif belum terjadwal, maka peserta dapat memastikan telah menyelesaikan pelatihan dan memberikan rating juga ulasan mengenai pelatihan di dashboard.
Setelah menunggu dalam 1x24 jam untuk sinkronasi jadwal pencairan intensif.
Sementara itu, jika belum menerima intensif padahal telah ada jadwal pencairan di dashboard, maka dapat menunggunya.
Ditegaskan bahwa pencairan intensif dilakukan secara bertahap, untuk itu lakukan pengecekan dashboard dan riwayat rekening bank atau e-wallet yang telah terhubung dengan akun Prakerja secara berkala.
Apabila dalam waktu 5 hari kerja masih belum menerima intensif, maka diminta untuk menghubungi call center Kartu Prakerja.
Baca Juga: Simak Baik-Baik! Manajemen Prakerja Rilis Aturan Baru saat Isi Survei, Berlaku Mulai 1 November 2021