Find Us On Social Media :

Erupsi Gunung Semeru Tak Menghalangi Penerbangan Pesawat di Bandara Juanda, Ini Antisipasi yang Akan Dijalankan!

Penerbangan di Bandara Internasiona Juanda tetap berjalan normal pasca erupsi Semeru

GridFame.id- Dirjen Penerbangan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto buka suara terkait operasional bandara setelah adanya erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (4/11/2021)

Ia menjelaskan bahwa bandara terdekat dengan Gunung Semeru yakni Bandara Abdulrachman Saleh di Malang dan Bandara Internasional Juanda di Surabaya akan berjalan dengan normal.

Novie mengatakan pihaknya akan terus melakukan monitoring secara intensif agar penerbangan dapat berjalan dengan normal.

Pematauan tersebut akan melibatkan Perum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau Airnav Indonesia, dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Penyelenggara Badan Udara.

“Kami akan terus memantau perkembangan erupsi Gunung Semeru,” ungkapnya dikutip dari keterangan tertulis.

Berdasar hasil monitoring pada ASTHAM Perum LPPNPI yang bersumber dari VAAC Darwin yang terbit jam 0.9.40 URC (16.40 WIB) , diinformasikan bahwa sebaran abu vulkanik Gunung Semeru mengarah ke barat daya dengan kecepatan 50 knot.

Baca Juga: Masyarakat Perlu Waspada! Gunung Semeru Meletus Hari Ini, Berikut 3 Penyakit yang Bisa Terjadi Akibat Paparan Abu Vulkanik