Find Us On Social Media :

Omicron di Indonesia Semakin Ganas Ini Perbedaan Gejala Omicon dengan Gejala Flu Biasa

Pembeda gejala varian Omicron dengan gejala flu biasa

GridFame.id- Kasus varian Covid-19 Omicron di Indonesia semakin bertambah sejak pertama kali diumumkan pada Desember tahun lalu.

Bahkan kabar terbarunya akan terjadi lonjakan pada minggu kedua bulan Februari 2022. Untuk itu butuh kewaspadaan tingkat tinggi terhadap penyebaran varian Omicron.

Meski dinilai memiliki gejala yang ringan daripada varian sebelumnya, namun tak sedikit juga yang bisa berpotensi drop akibat varian Omicron.

Pada dasarnya jika dilihat dengan mata telanjang gejala Covid-19 Omicron dengan gejala flu memiliki ciri-ciri yang hampir sama.

Gejala varian Omicron diketahui mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan flu biasanya. Seperti laporan terakhir dari Kemenkes RI mayoritas pasien Covid-19 varian Omicron tidak mempunyai gejala yang parah, hanya batuk dan pilek.

“Dari hasil pemantauan sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala palng banyak adalah batuk dengan presentasi 49 persen dan pilek sebanyak 27 persen,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Siti Nadia Tarmizi mengutip dari laman resmi Kemenkes

Kendati demikian ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk membedakan antara Omicron dengan flu biasa.

Seperi diketahuii, kedua penyakit ini baik varian Omicron maupun flu merupakan penyakit yang sama-sama menyerang saluran pernapasan.

Lantas apa pembeda dari gejala varian Omicron dan gejala flu biasa itu sendiri?

Baca Juga: Perhatikan Ini Mekanisme Perawatan Pasien Varian Omicron di Rumah Sesuai Instruksi Menteri Kesehatan

Pembeda gejala varian Omicron dan flu biasa

Mengutip The National News (12/1/2022) menjelaskan bahwa jika hanya berdasarkan gejala kemungkinan akan sulit dibedakan antrara flu biasa dengan infeksi Covid-19 terutama pada varian Omicron.