Find Us On Social Media :

Sering Terjadi Tapi Tak Disadari, Kulit Menghitam Bisa Jadi Pertanda Diabetes Bersarang di Tubuh! Begini Penjelasannya

Kulit menghitam tanda diabetes.

GridFame.id - Tanda awal diabetes penting dikenali untuk mencegah penyakit ini berkembang semakin parah. Diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Sementara gula darah tinggi adalah kondisi yang dapat merusak organ dan jaringan di seluruh tubuh. Merangkum Health Line, semakin tinggi gula darah dan semakin lama masalah ini tak tertangani. Maka kian besar juga risiko seseorang untuk bisa mengalami komplikasi diabetes.

Beberapa tanda diabetes kerap tak disadari penderitanya.

Salah satunya kulit menghitam.

Terlihat sepele, padahal kulit menghitam menandakan kondisi tubuh tidak baik-baik saja.

Kok bisa?

Baca Juga: Gak Perlu Dikit-dikit Beli Obat Mahal, Ini Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala Bagi Penderita Diabetes, Dokter Dijamin Takjub!

Tahukah bahwa kulit menghitam ternyata bisa jadi tanda awal seseorang terkena penyakit diabetes atau prediabetes.

Menurut laman American Academy of Dermatology, kondisi kulit menghitam tersebut dalam istilah medis dikenal sebagai Akantosis Nigrikans (NA).

Akantosis Nigrikans biasanya muncul di bagian belakang leher, ketiak, selangkangan, atau di tempat lain berupa area kulit yang lebih gelap yang terasa seperti beludru.

Namun kulit menghitam karena Akantosis Nigrikans paling sering terjadi di lipatan leher.

Akantosis nigrikans biasanya merupakan tanda atau gejala awal dari kondisi atau penyakit yang mendasarinya seperti penyakit diabetes.

Kehadirannya sebagai tanda keganasan internal sangat jarang. Melansir laman dermnetnz.org, penyebab pasti Akantosis Nigrikans masih belum jelas.