Find Us On Social Media :

Dijamin Nyesel Kalau Nekat! Ini 3 Bahaya yang Mengancam Jika Anda Nekat Tindik Pipi

tindikan

GridFame.id - Apakah Anda memiliki tindik di wajah

Tindik banyak dilakukan untuk memperindah penampilan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan tindik.

Karena bila dilakukan sembarangan, tindik justru bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tindik atau piercing adalah metode membuat lubang kecil di bagian tubuh tertentu dengan cara menusukkan jarum.

Nantinya, lubang tersebut akan menjadi tempat untuk memasang perhiasan.

Simak 3 bahaya pasang tindik terutama di bagian wajah.

Apa saja itu?

Baca Juga: Rambut Hidung Keluar Jangan Dicabut! Efeknya Bisa sampai ke Pembuluh Otak, Bahaya!

Kehadiran lesung pip di wajah dapat membuat seseorang terlihat lebih ramah dan awet muda. Sejumlah orang pun berusaha untuk membuat lesung pipi di wajahnya dengan berbagai cara, salah satunya tindik pipi. Tindik pipi atau disebut juga dimple piercing, dilakukan di atas kedua sisi mulut, tepat di tempat lesung pipi berada, dilansir dari Healthline, Jumat (28/01/2022). Orang yang melakukan tindik pipi cukup jarang ditemui, mengingat risiko kesehatan yang bisa terjadi jika ada kesalahan saat membuat tindikan. Proses tindik pipi Sebelum memasangkan perhiasan di pipi, piercer atau orang yang membuat tindikan, akan memeriksa mulut terlebih dahulu dan mencari kelenjar parotis. Parotis adalah kelenjar yang tugasnya memproduksi saliva.

Pencarian kelenjar ini penting dilakukan, karena jika rusak saat proses penindikan, maka tidak akan bisa diperbaiki lagi. Setelah itu, piercer akan memberikan tanda di pipi yang menjadi titik tindik.

Baca Juga: Mohon Lebih Peka! Kerap Lakukan Kebiasaan Ini Saat Makan, Ternyata Dapat Datangkan Bahaya Bagi Ginjal

Orang yang akan melakukan tindik pipi pun akan disuruh berkumur terlebih dulu dan diberikan anastesi lokal jika diperlukan. Tindik pipi bisa dilakukan dari luar maupun dalam mulut tak seperti jenis tindik yang lain, prosedur tindik pipi dilakukan dengan menggunakan jarum, bukan pistol tindik. Dilansir dari Byrdie, Jumat (28/01/2022), tindik pipi atau dimple piercing, rasa sakitnya masih bisa untuk ditahan. Tetapi sebenarnya ini bisa berbeda-beda setiap orang, tergantung tingkat toleransi sakitnya. Setelah selesai melakukan tindik pipi, akan terjadi pembengkakan dan merasakan atau melihat adanya darah. Tapi nanti akan membaik sendiri, saat tindik pipi sudah benar-benar sembuh. Risiko tindik pipi Walaupun tindik pipi bisa jadi jalan pintas untuk mendapatkan lesung pipi, pelajari terlebih dahulu efek sampingnya. Berikut adalah beberapa risiko tindik pipi yang mungkin terjadi. 1. Kelenjar parotis rusak Walaupun piercer sudah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan tindik pipi, tapi risiko kelenjar parotis rusak masih tetap ada. Melansir nidcr.nih.gov, Jumat (28/01/2022), jika kelenjar air liur rusak maka seseorang akan sulit untuk mengunyah dan menelan. Selain itu, risiko gigi berlubang dan infeksi mulut pun tinggi.