Find Us On Social Media :

7 Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online Lewat HP

Cek Tagihan listrik

GridFame.id - Tak perlu lagi antre datangi loket pembayaran di PLN.

Cek tagihan listrik PLN bisa dilakukan dengan mudah lewat HP.

Pelanggan dapat memilih salah satu dari berbagai macam cara cek tagihan listrik PLN yang tersedia.

Bagi pelanggan PLN pascabayar (postpaid), cek tagihan listrik seringkali diperlukan untuk memperkirakan secara akurat berapa biaya yang perlu dikeluarkan selama sebulan.

Pasalnya, tagihan listrik bulan ini belum tentu sama dengan tagihan listrik bulan sebelumnya.

Selain itu, cek tagihan listrik PLN secara berkala juga menjadi hal penting agar pengguna tidak terlambat dalam pembayaran tagihan.

Jika pelanggan terlambat atau tidak membayar tagihan listrik, maka akan dikenai denda atau pemutusan sambungan listrik.

Untuk mencegah hal ini lebih baik pastikan selalu tagihan listrik di rumah tidak melonjak.

Simak 7 cara cek tagihan listrik secara online di sini.

Baca Juga: Syarat hingga Cara Daftar Motor Listrik Bagi Gojek Driver, Dikenakan Biaya?

Mengetahui tagihan listrik (pasca bayar) membuat pelanggan dapat memperkirakan tarif listrik PLN selama sebulan yang harus dibayar. Pelanggan listrik prabayar juga dapat mengecek besaran tagihan listrik agar dapat melihat riwayat pemakaian dan biaya yang dikeluarkan untuk token. Cara cek tagihan listrik kini semakin mudah, karena bisa dilakukan secara online atau melalui SMS ke call center PLN. Cara cek tagihan listrik PLN secara online melalui ponsel Android atau iPhone dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile, web resmi PLN, WhatsApp, dan marketplace seperti Tokopedia serta Bukalapak. 1.Cara cek tagihan listrik lewat PLN Mobile - Unduh aplikasi PLN Mobile di Play Store atau App Store. - Masuk dengan nomor ponsel, akun Google, atau e-mail. - Klik menu Token dan Pembayaran di dashboard. - Pilih Prabayar atau Pascabayar. - Ketik nomor ID pelanggan. - Pilih Periksa. - Identitas pemilik dan informasi tagihan listrik akan muncul. Jika ingin langsung membayar tagihan listrik, lanjutkan ke metode pembayaran, pilih metode pembayaran yang diinginkan. 2. Cara cek tagihan listrik lewat situs PLN - Kunjungi situs resmi PLN. - Klik Daftar Akun. - Isi data diri seperti nama, e-mail aktif, ID pelanggan atau nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui e-mail. - Pelanggan dapat masuk dengan alamat e-mail dan password yang telah dibuat setelah berhasil terdaftar. - Sistem akan menampilkan informasi tagihan dan riwayat pembelian listrik. - Layar akan menampilkan informasi tagihan listrik PLN yang harus dibayar.

Baca Juga: Selalu Gagal Input Token Listrik, Kenapa? Ini Solusi PLN Agar Kembali Normal