Find Us On Social Media :

Subvarian Omicron BA.2 Terkonfirmasi di Indonesia Kemenkes Beberkan Gejalanya

Subvarian Omicron BA.2 terdeteksi di Indonesia

GridFame.id- Varian virus Covid-19 terus berkembang dan saat ini tercatat sudah memiliki beberapa anak yang dikenal dengan BA.1, BA.1.1, hingga BA.3.

Terbaru ada kabar buruk yakni adanya subvarian Omicron BA.2 terkonfirmasi di Indonesia.

Terdeteksinya subvarian Omicron BA.2 diketahui dari metode Whole Genome Sequencing (WGS).

“Berdasarkan data dari GISAID tanggal 13 Maret lalu, sejak awal tahun 2022 mulai terlihat kenaikan Omicron BA.2 dan jumlahnya telah mencapai 8.302 sequence Indonesia,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 dalam keterangan pers daringdikutip GridFame.id dalam kanal YouTube BNPB.

Omicron BA.2 merupakan ‘anak’ dari varian Omicron yang sdudah terfeteksi di Indonesia sejak awal tahun 2022.

Pada penyampaiannya tesebut dia juga memberikan informasi bahwa subvarian ini sudah terdeteksi di 19 provinsi di Indonesia.

Merujuk data Kemenkes, 19 provinsi tersebbut diantaranya adalah Aceh, Sumatera utara, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta.

Kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur , Nusa Tenggara Barat , Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Sekatan, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan adanya peningkatan BA.2.

 Baca Juga: Bernapas Lega 2 Wilayah Ini Terbebas Omicron Sisanya Masih Sisa DKI Paling Tinggi

 

Saat ini sudah ada 668 kasus Covid-19 akibat penularan BA.2 yang terdeteksi di Indonesia.