Find Us On Social Media :

Harga Meroket Kini Beredar Minyak Goreng Palsu Ini Cara Bedakannya Dengan yang Asli

Stok minyak goreng di salah satu ritel

GridFame.id- Berdasar data Kementerian Perdagangan saat ini sudah ada 425 merek minyak goreng kemasan yang beredar di masyarakat.

Banyaknya merek minyak goreng kemasan memicu beredarnya minyak goreng kemasan palsu di pasaran.

Ditambah lagi dengan harga yang kian meroket sejak dihapuskannya aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng.

Faktor lain juga terjadi pada kelangkaan stok minyak goreng yang terjadi pada beberapa bulan terakhir menjadi penyebab maraknya minyak goreng kemasan palsu.

Beberapa oknum nakal biasanya mengedarkan minyak goreng palsu di pasar maupun secara online melalui e-commerce dengan harga yang murah.

Karenanya, perlu kewaspadaan dari masyarakat terkait hal tersebut dan dihimbau berhati-hati terkait peredaran minyak goreng palsu di pasaran.

Untuk mengantisipasi mendapatkan minyak goreng kemasan palsu, ada baiknya Anda melakukan beberapa pengecekan sebelum membelinya.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk membedakan antara minyak goreng kemasan asli dan palsu.

Untuk membedakannya yang pertama bisa diliat dari segi warnanya, minyak goreng asli memiliki warna kuning hingga kuning pucat. Berbeda dengan minyak goreng palsu yang memiliki warna cenderung lebih gelap.

Baca Juga: Setelah Minyak Goreng HET Beras Juga Diusulkan Berubah oleh Kemendag Jadi Brapa?

 

Kemudian, cara kedua mendeteksinya dengan mencium bau dari minyak goreng tersebut, Minyak goreng yang asli memiliki bu khas (bau kelapa) bahkan tidak berbau.