Find Us On Social Media :

Menkeu Bawa KABAR Bahagia Soal Tarif Listrik hingga BBM Pertamina

Menkeu: Sri Mulyani Indrawati

GridFame.id-  Beberapa waktu lalu kita sudah banyak dikejutkan dengan kenaikan harga di beberapa bahan pokok menjelang Ramadhan 2022.

Terbaru pencabutan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng yang menyebabkan harga tersebut semakin mahal.

Bahkan muncul kabar yang menyebut akan terjadi kenaikan pada tarif listrik dan juga BBM pertamina.

Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan kembali. Pasalnya menteri Keuangan Sri Mulyani bawa kabar bahagia terkait BBM dan juga tarif listrik.

Kabar baik ini mengenai kebijakan yang menyatakan bahwa pemerintah tetap akan mempertahankan tarif listrik dan juga tarif BBM pertamina jenis Pertalite.

Ia memastikan bahwa Pertalite dan tarif listrik tidak akan mengalami kenaikan meski harga komoditas energi tengah meningkat.

Hal ini ia sampaikan dalam acara Indonesia Economic Outlook (22/3).

“Kemudian fuel price, BBM tidak naik. Pertamac sudah terkena karena itu kelompok masyarakat kaya yang konsumsi, tapi Pertalite tidak diubah, Premium sudah hilang sekarang,” ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah belum menaikkan harga keduanya untuk menghindari terjadinya market shock dan juga mempertimbangkan daya beli masyarakat.

 Baca Juga: Kaget Tagihan Listrik Bulanan Naik Drastis Ternyata Kebiasaan Ini Bisa Jadi Sebabnya

Disampaikannya, pemerintah khawatir jika diberikan kenaikan bisa membawa efek negatif kepada pertumbuhan ekonomi.

Market shock kalau komiditas untuk oil & gas dan litrik itu adalah administer price. Pilihannya adalah kalau kita shock dari kenaikan bahan bakunya ini diteruskan ke masyarakat, naiknya tinggi langsung jeblok konsumsinya.  Maka sampai sekarang listrik tidak naik,” imbuhnya.