Find Us On Social Media :

Menanti Tunjangan Hari Raya (THR) 2022 Kapan Cairnya ke Pekerja?

Tunjangan Hari Raya (THR) Kegamaan bagi pekerja

GridFame.id- Mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghimbau kepada para pengusaha agar menjalankan kewajibannya untuk membayar THR keagamaan (Idul Fitri) ke para pekerja.

Dalam penyampaiannya dia juga meminta agar para pengusaha membayarkan THR tepat waktu kepada para pekerja. Imbauan ini disampaikan Wapres pada kunjungannya ke Balai Pelatihan Kerja (BLK) Bandung (23/3).

“Saya kira para pengusaha jangan berusaha untuk menunda (pemberian THR) lagi, barang kali itu,” ujarnya dikutip tim GridFame.id melalui Antara.

Ini dikarenakan kondisi Covid-19 yang saat ini sudah menunjukkan perbaikan sehingga berbagai sektor perekonomian juga sudah mulai pulih.

Selain itu. Ma’ruf juga menyamaikan agar pembayaran THR dapat diberikan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

“Saya berharap supaya kondisinya sudah lebih baik lagi, saya harap para pengusaha melakukan kewajibannya untuk membayar THR ya,” singkatnya.

Senada, Menteri Ketenagakerjaan Ida Faziyah mengungkapkan bahwa aturan Tunjangan Hari Raya (THR) 2022 akan kembali ke masa sebelum pandemi Covid-19.

“Saya kira seiring dengan perkembangan ekonomi yang sudah membaik, kondisi Covid-19 yang Alhamdulillah juga sudah bisa kita atasi dengan baik, saya kira ketentuan itu dikembalikan pada peraturan perundangan,” ujarnya

“Tahun 2020 dan 2021 karena Pandemi Covid-19 kita bersepakat THR diberikan sampai Dsember akhir tahun , namun tahun ini akan kembali sesuai Undang-Undang,” imbuhnya.

 Baca Juga: Kabar Baik Ini Jadwal Pencairan THR dan Gaji ke-13 Bagi PNS, Polri dan TNI Tahun 2022

Jadwal pencairan dan besarannya

Mengenai jadwal pencairan merujuk pada Permenaker No. 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusahaka kepada buuh/pekerja pada saat menjelang Haru Raya Keagamaan.