Find Us On Social Media :

Jelang Ramadhan Ini Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2022

Ilustrasi Mudik Lebaran 2022

GridFame.id- Pemerintah pusat telah membuka akses warganya untuk mudik Lebaran di tahun 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi memprediksi bahwa puncak arus mudik akan terjadi pada 28 April mendatang.

Dan kondisi ini akan terus meningkat hingga tanggal 30 April 2022. Sedangkan puncak arus balik akan terjadi pada 8 Mei 2022.

“Diperkirakan bahwa puncak mudik terjadi pada 28 April dan potensi perjalana meningkat di tanggal 30 April 2022,” katanya pada keterangan resmi dikutip GridFame.id dari KOMPAS.com.

Maka dari itu, ia menjabarkan mengenai rapat evaluasi pada Sabtu (26/3) yakni salah satnya untuk mengantisipasi adanya kerumunan dan penumpukan masyaakat di bahu jalan.

Adapun dari rapat tersebut dihasilkan akan dirancang 2 pilihan untuk pencegahan penumpukan tersebut yakni dengan penetapan waktu bagi pengguna rest area maupun memanfaatkan rest area perkotaan.

“Rest area perkotaan yakni dengan menuju exit tol dan keluar ke kota terdekat. Setelah istirahat, atau membeli oleh-oleh dan makanan, masyarakat bisa mask kembali ke tol,” jelasnya.

Ia juga tengah memprediksi bahwa di tahun 2022 wilayah Jawa Tengah adalah daerah tujuan terbanyak yakni sebesar 26.8 persen atau di angka 21.3 juta orang.

Data ini didasarkan atas hasil survei terkait potensi pergerakan masyarakat selama Angkutan Lebaran 2022 ini yang sudah dilakukan pada 9-21 Maret lalu.

 Baca Juga: Pelaksanaan Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan Akan Digelar Kapan? Ini Penjelasan Kemenag

 

Pertambahan secara signifikan pemudik di tahun 2022 juga didukung atas dihapuskannya syarat PCR dan Antigen bagi calon pemudik yang divaksin booster.