Find Us On Social Media :

Info Mudik Gratis 2022: Daftar Mudik Gratis 2022 Kemenhub Tujuan Jawa Tengah dan Jawa Barat

Ramadhan 1440 H: Pendaftaran Mudik Gratis BUMN 2019 Sudah Dibuka, Catat Syarat dan Tanggal Berangkat Agar Tak Kehabisan!

GridFame.id - Simak info mudik gratis 2022 di sini.

Salah satu penyelenggara mudik gratis 2022 adalah Kemenhub.

Langsung lihat cara daftar mudik gratis 2022 dan persyaratannya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyelenggarakan mudik Lebaran gratis pada tahun ini untuk mengurangi penggunaan sepeda motor untuk transportasi mudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan bahwa awalnya pemerintah tidak menyiapkan mudik gratis dalam anggarannya selama setahun ke depan.

Namun, lanjut Budi, hal tersebut berubah guna mengalihkan kecenderungan penggunaan sepeda motor yang tinggi pada mudik tahun ini.

"Arahan Pak Menteri Perhubungan untuk mengalihkan kecenderungan sebagian masyarakat menggunakan sepeda motor, untuk minimal kita ada upaya agar mereka tidak menggunakan sepeda motor. Jadi kita siapkan dan mudik gratis tahun ini kita selenggarakan," ucap Budi, Kamis (31/3/2022).

Untuk mudik gratis, Ditjen Perhubungan Darat telah menyiapkan 500 unit bus, serta truk angkutan untuk mengangkut sepeda motor dari DKI Jakarta ke beberapa kota tujuan mudik.

Beberapa kota tujuan mudik yang akan dilayani oleh Kemenhub untuk mudik gratis seperti Semarang, Solo, Cilacap, Purworejo, Pemalang, Purwokerto, Tegal, dan Yogyakarta.

Baca Juga: Info Mudik Gratis 2022: Catat Jadwal Mudik Gratis 2022 Oleh BUMN

Untuk Jawa Barat, angkutan mudik gratis akan melayani perjalanan ke Cirebon, Tasikmalaya, Kuningan, dan Garut.

"Diperkirakan [angkutan] yang dari [Kementerian] Perhubungan ini akan membawa penumpang sekitar 22.500 masyarakat yang akan mudik gratis," lanjutnya.