Find Us On Social Media :

Minggu Pertama Puasa Terasa Berat? Pakai 6 Trik Ini Untuk Hilangkan Rasa Ngantuk dan Lemas saat Siang Hari

Ilustrasi seseorang menguap karena mengantuk saat puasa

GridFame.id - Rasa kantuk dan lemas kerap datang saat seseorang berpuasa.

Seperti diketahui saat ini umat Muslim di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa.

Puasa dimulai sejak terbit matahari hingga tenggelam.

Selama berpuasa, seseorang bukan hanya diminta untuk menahan lapar dan haus.

Bukan pula menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Apalagi jika memiliki kewajiban bekerja setiap harinya.

Di tengah padatnya kegiatan, tak jarang rasa kantuk datang tak tertahankan karena adanya kaitan dengan kadar gula dalam darah.

Jika sudah begini bagaimana solusi menghilangkannya? Yuk simak di sini.

Baca Juga: 5 Resep Menu Buka Puasa Rumahan yang Mudah dan Cepat Dibuat, Praktis Tapi Tetap Enak!

 Umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa selama sebulan sebagai praktik ketaatan beragama. Meski menahan diri untuk tidak makan dan minum di siang hari merupakan tantangan tersendiri, namun kendala terbesar yang dialami kebanyakan orang saat berpuasa adalah rasa kantuk yang sering datang saat sedang bekerja di siang hari. Terutama saat puasa di minggu pertama Kadar gula darah akan menurun saat berpuasa, sehingga membuat tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi. Tak heran, hal itu menyebabkan kantuk yang bisa memengaruhi produktivitas terutama pada jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan tidur seperti itu sekitar pukul 2 hingga 5 sore.

Jika di hari biasa kita bisa mengusir kantuk dengan minum kopi atau makan jajanan agar tetap terjaga, makakita perlu mencari cara lain untuk menyiasati masalah ini saat berpuasa. Berikut 6 cara yang bisa kita lakukan untuk melawan kantuk dan tetap segar saat berpuasa terutama untuk mereka yang sudah kembali bekerja di kantor 1. Tidur yang berkualitas di malam hari Saat berpuasa, akan terjadi perubahan pola tidur karena harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah sebabnya mengapa orang sering merasa mengantuk di siang hari. Untuk mencegahnya, kita wajib memiliki tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari. Jika tidak ada keperluan mendesak, hindari tidur larut malam dan tidur lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga: Gak Melulu Gorengan, Ini 4 Ide Takjil Kekinian untuk Buka Puasa yang Simple tapi Enak