Find Us On Social Media :

Waduh Gawat! Bukan Perkara Sepele Ternyata 3 Kondisi Ini Bisa Terjadi pada Tubuh Jika Melewatkan Waktu Sahur

Hal buruk yang bisa terjadi jika terlambat bangun sahur

GridFame.id - Lain kali tolong jangan melewatkan waktu sahur.

Memasuki bulan Ramadhan, seluruh umat muslim menjalani kewajiban beribadah puasa. Ketika berpuasa, seseorang harus menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 13 - 14 jam. Karena itu dianjurkan untuk makan saat sahur sebelum berpuasa.

Sebenarnya tidak ada waktu pasti mulainya waktu sahur. Waktu sahur yang baik dari sudut pandang kesehatan adalah sekitar 40 sampai 50 menit menjelang Subuh.

Di sisi lain, sahur yang terlalu dekat dengan waktu imsak atau azan Subuh juga tidak disarankan karena hal ini akan membuat kita makan terburu-buru dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Agar bisa bangun sahur tepat waktu, persiapan tubuh agar tidur cukup dan tidak terlalu larut malam.

Karena jika terlambat sahur, tiga kondisi tubuh ini bisa terjadi pada tubuh Anda dan keluarga.

Baca Juga: Waduh Jangan Sampai Terlambat Bangun Sahur! Coba Konsumsi 7 Makanan Ini Biar Cepat Ngantuk dan Tidur Lelap

Makan sahur adalah hal penting dari kelancaran ibadah puasa. Menurut laman baznas.go.id (29/4/2020), sahur saat akan berpuasa memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Mulai dari menambah tenaga saat berpuasa hingga membuat kita mendapatkan pahala. Namun karena alasan tertentu, tak sedikit orang yang kesiangan sehingga melewatkan makan sahur. Kondisi ini tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Hal itu seperti diungkap Dokter gizi MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan, dr. Samuel Oetoro. Menurut Samuel, ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh bila tidak makan sahur saat akan berpuasa. "Jadi kalau tidak sahur, sebenarnya kita sedang melakukan puasa yang tidak sehat," ujarnya dilansir dari Kompas.com (6/5/2020). Lantas apa saja yang bisa terjadi ketika kita tidak makan sahur?

Baca Juga: Astaga Tidur Setelah Sahur, Nyatanya Datangkan Dua Risiko Penyakit Berbahaya Ini Bagi Tubuh

1. Gula darah menurun

Samuel menyatakan, apabila tidak makan sahur, maka kandungan gula di darah akan rendah.

"Orang puasa itu, sehabis makan sahur kan 14 jam tidak masuk makanan, pada waktu dia tidak kemasukan makanan, kadar gula di darah itu akan menurun. Apalagi yang tidak makan sahur, akan semakin rendah," kata Samuel.