Find Us On Social Media :

7 Efek Samping yang Sering Dikeluhkan Seseorang yang Menerima Vaksin Booster

Ilustrasi pelaksanaan vaksin booster

GridFame.id- Berikut efek samping dari vaksin booster yang sering dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat.

Saat ini penerimaan vaksin booster Covid-19 tengah dicari sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini bisa jadi akibat dari diizinkannya mudik Lebaran tanpa PCR atau Antigen  dengan syarat telah mendapat vaksin booster.

Diketahui masyarakat Indonesia telah mengantongi  beberapa jenis vaksim booster yang sudah mendapat izin penggunaan darurat oleh BPOM.

Beberapa diantaranya AstraZeneca, Pfizer, dan juga Moderna. Ketiga jenis vaksin tersebut terkadang akan merasakan gejala tertentu.

Dari sebagian besar orang tersebut mengeluhkan penggunaan vaksin booster memiliki efek samping dalam rentang waktu 1-2 hari setelah menerima suntikan.

Gejala-gejala yang sering dialami masyarakat setalah vaksinasi tersebut biasa disebut dengan Kejadian Ikut Pasca Vaksinasi (KIPI).

Dikutip GridFame.id dari The Healthy (19/4), berikut ada beberapa efek samping yang biasa dirasakan pada seseorang yang terima vaksin booster.

Beberapa diantaranya adalah merasakan sakit/nyeri di lengan yang disuntik, merasakan sakit kepala ringan, merasakan nyeri otot, merasa kedinginan, merasa kelelahan, demam, dan merasa nyeri sendi.

 Baca Juga: Penerima Vaksin J&J Bisa Menerima Booster Jenis Apa ? Ini Kata Kemenkes

Sebagian besar yang lain juga mengalami gejala seperti vaksin Pfizer sebagai vaksin dosis lanjutan homolog yang mengakibatkan efek samping seperti nyeri otot, nyeri sendi, demam, dan juga nyeri pada lokasi suntikan.

Vaksin booster AstraZeneca yang mengakibatkan efek samping seperti mual, rasa lelah, sakit kepala, gatal, pembengkakan.