Find Us On Social Media :

Heat Stroke Mengancam Tubuh Saat Cuaca Panas Ini 11 Tanda dan Pencegahannya

Cuaca panas melanda Indonesia waspada heat stroke dengan 11 tanda ini pada tubuh

GridFame.id – Saat cuaca sedang panas, beberapa orang bisa mengalami gejala tak biasa pada tubuhnya.

Salah satunya heat stroke atau serangan panas adalah suatu bentuk hipertemia atau penyakit yang berhubungan dengan panas.

Biasanya heat stroke muncul akibat peningkatan suhu tubuh yang tidak normal serta gejala fisik yang menyertainya termasuk perubahan fungsi sostem  saraf.

Bukan akibat kelelahan karena panas, namun heat stroke bisa lebih fatal daripada itu apalagi jika tidak segera ditangani dengan baik.

Dikutip dari Medicine net, biasanya dalam kondisi normal tubuh menghasilkan panas sebagai hasil metabolisme sehingga mampu menghilangkan panas dengan radiasi panas melalui kulit maupun dengan penguapan keringat.

Namun berbeda kondisi jika dalam kondisi panas ekstrem, kelembapan tinggi atau aktivitas fisik yang berat di bawah sinar matahari bisa menyebabkan tubuh tidak dapat menghilangkan panas secara memadai akibatnya tubuh naik hingga 41.1 C atau lebih tinggi.

Heat stroke juga bisa terjadi akibat dari dehidrasi itulah mengapa biasanya tubuh harus terhidrasi dengan baik terutama saat cuaca panas.

Karena orang yang mengalami dehidrasi mungkin tidak dapat berkeringat cukup cepat untuk membuang panas yang menyebabkan suhu tubuh meningkat.

Lantas apa saja gejala heat stroke yang bisa terjadi akibat cuaca panas?

 Baca Juga: Daerah di Indonesia Ini Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem hingga Akhir Februari 2022 Mohon Waspada

Gejala Heat Stroke

Dikutip dari WebMD berikut gejela heat stroke yang mengancam tubuh saat cuaca sedang panas.