Find Us On Social Media :

Begini Aturan Penyelenggaran Sholat Idul Adha dan Cara Kurban Tahun 2022 di Tengah Wabah PMK

Pelaksanaan Idul Adha dan perayaan kurban 2022

GridFame.id- Begini aturan penyelenggaraan sholat Idul Adha dan cara kurban tahun 2022.

Simpan aturan penyelenggaraan sholat Idul Adhga dan cara kurban tahun 2022 di saat wabah PMK marak.

Bagi umat Muslim sangat penting mengetahui aturan penyelenggaraan Idul Adha dan cara kurban 2022.

Di tengah wabah penyakit mulit dan kuku (PMK) Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan panduan mengenai pelaksanaan Hari Raya Idul Ahjda dan juga pelaksanaan kurban tahun 1443 Hijriah/2022.

Hal ini diungkap Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil seperti dikutip GridFame.id dari laman resmi Kemenag.

Menaq Yaqut berhap dengan diedarkannya panduan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada umat Muslim dalam penyelanggaraan ibadah kurban di tengah menyebarnya wabah PMK.

"Ini panduan bagi masyarakat dalam menyelenggarakan Salat Hari Raya Idul Adha dengan memperhatikan protokol kesehatan dan melaksanakan ibadah kurban dengan memperhatikan kesehatan hewan kurban sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat," ujarnya seperti dikutip GridFame.id.

Adapun edaran tersebut mengatur antara lain tentang pelaksanaan protokol kesehatan saat Salat Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan kurban, takbiran, khutbah Idul Ahda, ketentuan syariat kurban, sampai teknis penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging kurban.

"Bagi umat Muslim yang menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha hukumnya sunnah muakkad, namun demikian umat Islam dihimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban pada masa wabah Penyakit Mulut dan Kuku," bebernya.

Baca Juga: Mendekati Idul Adha Ini Tanda Hewan Ternak yang Terinfeksi PMK Jangan Asal Beli Untuk Kurban

 

Selain hal tersebut, Menaq Yaqut juga menghimbau kepada umat Muslim yang ingin berkurban untuk membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteriad dan menjaganya dalam keadaaan sehat hingga hari H.