Find Us On Social Media :

Disebut Kiamat PNS, Jabatan Favorit Banyak Orang Ini Bakal Hilang Duluan

GridFame.id - PNS harus bersiap-siap nih!

Soalnya, pengurangan jumlah pegawai negeri sipil (PNS) mungkin akan segera terjadi.

Sebelumnya, isu ini memang sudah lama terdengar.

Namun nampaknya hal itu akan terjadi dalam waktu dekat.

Ini dilakukan sebagai bagian dari langkah pemerintah untuk lebih banyak menerapkan teknologi untuk urusan administrasi dan birokrasi.

Dilansir dari Kompas.com, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Alex Denni, mengatakan nantinya pengurusan administrasi dan birokrasi akan lebih memanfaatkan teknologi hingga 30%-40%.

"Mungkin sekitar 600 ribu dari 1,6 juta yang melakukan pelaksana itu harus bertransformasi, upskilling atau reskilling melakukan pekerjaan yang lain lebih value added atau by nature yang pensiun kita tidak ganti," ujarnya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

"Jadi harus ada negatif growth di sana. Kalau enggak, enggak lucu kita going digital tapi masih banyak padat karyanya di sana," tambahnya.

Alex mengatakan, saat ini ada tiga agenda besar transformasi birokrasi.

Baca Juga: Jangan Keburu Sumringah Gaji dan Tunjangan PNS Disebut Naik per Agustus? Begini Keterangannya

Pertama, adalah transformasi organisasi yang kerap kali digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Harus ada layering, layer-layer yang panjang itu harus dipotong. Sekarang hanya tinggal dua. Eselon I dan Eselon II. Eselon III dan IV ditransformasi menjadi pejabat fungsional. Jadi organisasinya dulu," tegasnya.