Find Us On Social Media :

Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober, Ini Syarat dan Cara Konsultasi ke Psikiater Pakai BPJS, Sudah Termasuk Konseling dan Obat

Cara bayar konsul ke Psikolog pakai BPJS

GridFame.id - Hari ini merupakan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Momen ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan mental di seluruh dunia. Masalah kesehatan mental merupakan salah satu yang kerap dianggap sepele padahal dialami jutaan orang di dunia.

Banyak orang hidup dengan gangguan ini hingga merenggut nyawanya namun penanganannya masih minim.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental juga terbilang masih sangat minim. Perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 juga berupaya agar semua pihak mampu mendukung kesehatan mental satu sama lain. Termasuk dengan memberikan penanganan dan perawatan yang lebih baik serta menghapus stigma buruk yang masih banyak beredar di masyarakat saat ini.

Salah satu yang perlu dihilangkan adalah rasa takut untuk berkonsultasi mengenai kesehatan mental pada ahlinya, dalam hal ini psikolog dan psikiater.

Tak sedikit pula yang beranggapan bahwa berkonsultasi dengan psikolog dan psikiater membutuhkan dana besar.

Karena itu gangguan mental yang sudah disadari kerap dibiarkan dan justru malah menjadi semakin parah.

Padahal konsultasi dengan psikolog dan psikiater bisa gratis pakai BPJS Kesehatan. Begini caranya.

Baca Juga: Segini Biaya Operasi Kelenjar Getah Bening Dengan dan Tanpa BPJS

Menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting, jika tidak segera diatasi, gangguan kesehatan mental dapat menyebabkan masalah pada kesehatan emosional, perilaku, dan fisik.

Kini, BPJS Kesehatan bisa mencakup biaya pengobatan untuk gangguan kesehatan mental.

Berikut syarat mendapatkan akses pengobatan gangguan kesehatan mental dan cara mendapatkannya dengan BPJS kesehatan.

Biaya psikiater BPJS 2022: Syarat dan cara daftarnya

Sesuai dengan program Jaminan Kesehatan Nasional serta Kartu Indonesia Sehat maka kesehatan mental akan dicover melalui prosedur yang berlaku