GridFame.id - Shopee menyediakan banyak fitur yang membantu penggunanya dalam berbagai aktifitas, termasuk pemesanan tiket kereta hingga pesawat terbang.
Metode pembayaran yang digunakan pun beragam mulai dari saldo Shopeepay hingga Shopee Paylater.
Caranya dengan pilih Penerbangan di halaman Pulsa, Tiket & Hiburan - pilih Keberangkatan dan tujuan Kedatangan lalu masukan jumlah Penumpang.
Pilih Kelas Kursi - Cari - pilih penerbangan yang diinginkan kemudian lengkapi Rincian Kontak lalu Simpan.
Segera isi Rincian Penumpang lalu Simpan untuk kemudian melakukan Checkout dan pilih Lanjutkan pada pop-up yang muncul, kemudian Bayar Sekarang.
Bagi Anda yang bepergian tanpa membawa bagasi, Anda dapat tiba di bandara 90 menit sebelum jadwal penerbangan.
Jika membawa bagasi, mohon datang ke counter check-in maskapai paling lambat 2 jam sebelum waktu keberangkatan.
Untuk penerbangan internasional, kami sarankan Anda untuk tiba di bandara selambat-lambatnya 3 jam sebelum waktu keberangkatan.
Pastikan Anda mempersiapkan cukup waktu untuk pemeriksaan keamanan dan imigrasi.
Lalu jika batal terbang, apakah bisa mengajukan pengakuan dana kembali?
Ternyata bisa, begini syarat dan cara pengajuannya.
Baca Juga: Ternyata Segini Besar Biaya Admin yang Ditanggung Penjual Jika Berjualan di Shopee
Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tiket Pesawat
1. Pilih Pesanan pada halaman Pulsa, Tagihan & Tiket
2. Pilih Rincian
3. Pilih Ajukan Pengembalian Dana
4. Pilih penerbangan yang ingin dibatalkan
5. Pilih Lanjut lalu pilih Alasan kemudian Setuju
6. Pilih nama Penumpang yang ingin dibatalkan
7. Pilih Dokumen yang Dibutuhkan
8. Lengkapi dokumen
9. pilih Lanjut
10. Pilih Ajukan.
Baca Juga: Begini Cara Setop Shopee Paylater Agar Tidak Terus-terusan Ketagihan Belanja
Anda dapat mengajukan pengembalian dana untuk alasan pribadi seperti sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/perubahan jadwal oleh maskapai, bencana alam, atau pemesanan ganda.
Setelah terisi dengan lengkap, data pengajuan pembatalan Tiket Pesawat akan dikirimkan ke pihak Traveloka untuk melewati proses pengecekan.
Anda dapat mengecek status pengembalian dana Anda di halaman Rincian Pengembalian Dana.
Dana akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang Anda gunakan.
Mohon cantumkan semua dokumen pendukung saat mengajukan pengembalian dana.
Pengembalian dana hanya dapat diproses jika Anda mencantumkan rekening bank milik Pemesan atau salah satu Penumpang dan melampirkan dokumen yang dibutuhkan.
Setiap pengajuan pengembalian dana akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000/Penumpang dan rute dari Shopee, termasuk biaya pembatalan dari maskapai.
Proses pengembalian dana bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai dan dapat membutuhkan waktu hingga 90 hari kerja karena situasi COVID-19 yang tidak menentu.
Pengajuan yang sudah dibuat tidak dapat dibatalkan, proses pengembalian dana, nominal, dan bentuk pengembalian dana akan bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai.