GridFame.id - Apakah barang pesanan Shopee bisa dikembalikan?
Tapi bagaimana jika barang yang akan dikembalikan terlalu besar?
Di Shopee, barang yang tidak sesuai pesanan bisa dikembalikan.
Fitur ini berlaku untuk semua metode pembayaran, termasuk COD sekalipun.
Untuk beberapa kasus COD Shopee, pembeli bisa melakukan pengembalian apabila barang yang diterima rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.
Proses pengembalian barang dengan metode COD sama dengan pengembalian barang dengan metode pembayaran lainnya.
Infromasi tentang cara retur pakai sistem COD bisa dilihat di artikel Barang Sudah Dibuka Tapi Tak Sesuai, Apakah Bisa Dikembalikan ke Penjual Shopee? Berikut Penjelasan Soal Sistem Retur Pengiriman COD.
Mengirimkan paket yang akan dikembalikan menggunakan opsi Pengambilan, Pengiriman atau Atur Sendiri dalam kurun waktu 5 (lima) hari sejak permohonan pengajuan pengembalian barang disetujui.
Jika Anda menggunakan opsi Atur Sendiri, pastikan jasa kirim tersebut dapat dilacak.
Untuk barang yang ternyata terlalu besar, pengguna Shopee bisa memilih opsi lain.
Bagaiaman caranya? Simak informasinya berikut ini.
Baca Juga: Shopee Paylater Masuk BI Checking? Simak Ulasan Lengkapnya
Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee
1. Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana dengan memilih menu Dikirim pada tab Saya
2. Pilih pesanan
3. Pilih Ajukan Pengembalian
4. Pilih Status Pengajuan
5. Pilih semua produk yang diajukan pengembalian
6. Pilih Selanjutnya
7. Pilih Alasan (pilih alasan yang sesuai)
8. Pilih Konfirmasi
9. Upload foto bukti pendukung
10. Berikan informasi pada kolom Keterangan (jika ada) lalu pilih Kirim.
Baca Juga: Jangan Sampai Kena Denda Keterlambatan, Simak Begini Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater Sebagian
Berikut solusi yang tersedia (tergantung alasan pengembalian barang/dana yang Anda pilih): Solusi Pengembalian Barang dan Dana hanya dapat dipilih untuk pengajuan pembelian dengan alasan produk salah, produk cacat, produk tidak berfungsi dengan baik, produk tidak original, dan produk berbeda dengan deskripsi/foto. Untuk produk Shopee Mall Anda akan diminta untuk melakukan pengembalian barang kepada Penjual. Untuk produk Non-Shopee Mall Anda dapat menunggu respons dari Penjual dalam kurun waktu 3 (tiga) hari setelah mengajukan pengembalian.
Jika pengajuan disetujui oleh Penjual, maka Anda dapat melakukan pengembalian barang, jika pengajuan ditolak, permasalahan akan ditindaklanjuti oleh tim Shopee. Solusi Pengembalian Dana (sebagian/penuh) Tanpa Pengembalian Barang hanya dapat dipilih untuk pengajuan pengembalian dengan alasan semua pesanan tidak sampai, produk sampai namun tidak lengkap/kosong, produk di bawah kategori barang mudah rusak, serta produk dan layanan Digital, hasil pengajuan Anda akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email.
Waktu proses pengembalian barang/dana:
- Untuk produk Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di Gudang Shopee.
- Untuk produk Non-Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam waktu 7 (tujuh) hari sejak penginputan resi atau maksimal 2 (dua) hari sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee).
Baca Juga: Chatime 11 Ribu Sampai Buy 1 Get 1 Street Boba, Hajar Semua Promo 11.11 Harbolnas Hari Ini!
Jika pembelian Anda melebihi dimensi/berat jasa kirim Shopee, Anda dapat menggunakan jasa kirim lainnya yang tidak terintegrasi dengan Shopee namun mengakomodasi pengiriman barang dengan dimensi besar (Contoh: JNE Trucking).
Batas dimensi untuk jasa kirim pengembalian yang terintegrasi dengan Shopee adalah:
1. J&T Dimensi: Panjang 50cm x lebar 50 cm x tinggi 50cm Berat: 50Kg
2. Alfatrex Dimensi: Panjang 100cm x lebar 100cm x tinggi 100cm Berat: 20kg Selain itu, Anda juga masih harus tetap mengajukan permintaan pengembalian barang/dana di aplikasi Shopee.
Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengubah Koin Shopee Menjadi Saldo Shopeepay